Home / Megapolitan / Top News

Kamis, 9 Februari 2017 - 19:36 WIB

15 Negara Pantau Pilkada DKI Jakarta 2017

JAKARTA, NasionalPos – Sebanyak 15 negara akan memantau pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017. Seluruh negara yang ikut memantau  Pilkada DKI telah diverifikasi dan diakreditasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

“Yang ikut memantau Pilkada nanti sebanyak 15 negara,” kata Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Betty Epsilon Idroos di Jakarta, Kamis (9/2/2017).

Betty menjelaskan, kehadiran negara lain saat Pilkada dan Pemilu sebagai pemantau merupakan hal yang lazim. Penyelenggara pemilu Indonesia sendiri juga kerap ikut melakukan pemantauan terhadap proses pemilihan di negara-negara tetangga.

Baca Juga  Menko Luhut Dorong Investasi Bidang Industri Guna Siapkan Lapangan Kerja Untuk Generasi Muda

“Ini sudah menjadi kesepakatan internasional, negara – negara lain bisa ikut memantau bila ada kegiatan Pemilu di suatu tempat. Jadi, observer saja. Tentang  bagaimana pelaksanaan di Indonesia,” imbuh Betty.

Adapun Negara-negara yang ikut memantau pelaksanaan Pilkada DKI 2017, diantaranya dari Singapura, Malaysia, Filipina, Uni Eropa, Amerika, dan Australia. “Jadi, para pemantau hanya akan melihat bagaimana jalannya proses Pilkada DKI,” katanya.

Baca Juga  Terpilih Aklamasi, Bamsoet Ketua MPR RI Periode 2019 - 2024

Karena itu, Negara pemantau tak diizinkan melaporkan dugaan pelanggaran yang ditemukan saat pemungutan suara. Meskipun, mereka boleh membuat catatan ihwal proses pemilihan untuk perbandingan dengan pemilihan di negara asal.

Para pemantau akan melihat proses pemungutan suara di TPS pada Lembaga Pemasyarakatan, Rumah Tahanan, kawasan kumuh, maupun kawasan perumahan elit yang dilayani pihak KPUD DKI. (boi)

Share :

Baca Juga

Headline

Selama PSBB Jakarta, Moda Transportasi Ini Yang Beroperasi

Headline

Update Data Corona (23/1/2021) Jumlah Pasien Positif 977.474 Orang dan Meninggal 27.654 Orang

Headline

Demokrat Kubu Moeldoko Gugat Yasonna

Ekonomi

Tiga Bulan Pertama 2020 Klaim BPJamsostek Tembus Rp 7,6 Triliun

Nasional

Prabowo dan Jokowi Akhirnya Cipika Cipiki di Lebak Bulus

Headline

Mahathir Ajukan Mosi tidak Percaya Kepada PM Malaysia

Headline

Jasa Marga Buka Mulut Soal CCTV Jalan Tol Terkait Penembakan 6 Laskar FPI

Headline

Insiden Penembakan di Luar Stadion Baseball Washington DC, 4 Orang Korban Luka