Home / Ekonomi / Top News

Senin, 13 Desember 2021 - 20:56 WIB

Kementan Ajak Peternak Kembangkan Korporasi untuk Tingkatkan Produksi

NasionalPos.com,Jakarta– Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH), Kementerian Pertanian (Kementan) bersama Komisi IV DPR RI berkesempatan meninjau peternakan sapi milik Gapoktan Margo Rukun di Desa Kunti kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali pada Minggu (12/12) dalam kunjungan kerja spesifik.

Direktur Jenderal PKH, Nasrullah mengajak peternak untuk mengembangkan korporasi. Ia menyebut, penerapan sistem pengembangan kawasan peternakan terpadu juga akan bisa memaksimalkan potensi lokal yang ada.

“Melalui pengembangan korporasi peternakan bisa menjadi langkah startegis meningkatkan nilai produksi dalam negeri dengan adanya sinergi dan kolaborasi antar pihak dari hulu sampai ke hilir,” jelas Nasrullah.

Ia menambahkan, pendampingan usaha peternakan juga perlu terus dilakukan dalam memberdayakan kelompok peternak. Misalnya seperti, optimalisasi produksi ternak, akses pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR), program kemitraan atau skema kredit lain yang terjangkau oleh peternak.

Baca Juga  Update Data Corona (14/12/2020) Jumlah Pasien Positif 623.309 Orang dan Meninggal 18.956 Orang

“Sehingga dapat mengembangkan usaha pengolahan hasil ternak, usaha pakan dan akses pemasaran,” imbuh Nasrullah.

Nasrullah mengatakan, pemenuhan ketersediaan pakan secara berkelanjutan dalam tingkatan konsep dan aplikasi perlu dukungan seluruh pemangku kepentingan. Termasuk akademisi (penelitian lembaga, universitas), sektor bisnis (Industri peternakan), pemerintah (pusat dan daerah) dan masyarakat.

Lantaran, perlu adanya formula dalam pengembangan pakan dari perguruan tinggi dengan berbagai riset untuk diformulasikan secara tersistem agar bisa menyelesaikan persoalan ternak yang ada.

Oleh karena itu, pada kegiatan kunjungan kerja Ditjen PKH Kementan bersama Komisi IV DPR RI juga dilakukan Penandatangan Kerja Sama (PKS) antara Ditjen PKH Kementan dan Universitas Sebelas Maret (UNS).

Baca Juga  Puti Guntur diundang Presiden Jokowi di Hari Lahir Pancasila

Kerja sama ini dimaksudkan untuk mempererat koordinasi dalam rangka pendampingan pelaksanaan kegiatan pengembangan desa korporasi serta kegiatan peternakan.

Dekan Faperta UNS, Samanhudi menyatakan, kesiapannya untuk mendampingi peternak yang berada di lima titik di Kabupaten Boyolali. Ia mengaku, ini merupakan salah satu bentuk pendampingan kepada peternak dalam Penguatan Pakan Ternak melalui penerapan hasil riset pemberian pakan ternak yang tepat.

“Insya Allah dengan telah ditandatangani PKS ini, UNS dapat melakukan pendampingan pelaksanaan program pengembangan desa korporasi serta kegiatan di bidang peternakan,” tuturnya.(*)

 

Share :

Baca Juga

Nasional

Pemerintah Perlu Bentuk Pansus Jasa Transportasi Online

Headline

Sukses Bongkar Jiwasraya, Febrie Adriansyah Menjabat Kajati DKI Jakarta

Politik

Fadli Nilai Pemerintah Masih Curigai Ormas Islam

Top News

Ahok Jalani Sidang Perceraian di PN Jakut Besok

Headline

Sudah Dua Penasehat Senior Iran Positif Virus Corona

Megapolitan

Pemprov DKI Jakarta luncurkan Aplikasi lokasi Uji emisi di smartphone

Headline

Update Data Sebaran Covid-19 di Indonesia, Rabu (26/8/2020)

Headline

Empat Jabatan Strategis di Lingkungan Koarmada I Diserahterimakan