Megapolitan

Survei Manilka : Agus – Sylvi Masih Unggul

JAKARTA, NasionalPos – Eelektabilitas pasangan calon Gubernur DKI Jakarta Agus Harimurti-Sylviana Murni mengungguli dua pasangan calon lainnya.

Manilka menggelar survei pada 31 Januari – 4 Februari 2017 melalui wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner terstruktur.

Jumlah sampel diambil sebanyak 1.212 responden yang tersebar di wilayah Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, dan Jakarta Timur.

Survei menggunakan metode acak bertingkat (multistage random sampling) dengan margin of error plus/minus 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Hasil survei Manilka Research and Consulting menunjukkan pasangan nomor urut satu itu dipilih oleh 38,61 persen responden. Hal itu berdasarkan pertanyaan siapa yang akan dipilih menjadi Gubernur DKI.

Sementara, pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno menempati posisi kedua (25,25 persen) responden. Disusul pasangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) -Djarot Hidayat di peringkat ketiga (21,70 persen).

“Sedangkan 12,13 persen responden yang belum memutuskan pilihannya. ” ujar Direktur Manilka, Dani Akhyar di Jakarta, Rabu (8/2/2017).

Hasil survey ini juga memunculkan tiga

kesimpulan utama hasil. Pertama, para pemilih ketiga pasangan calon sebagian besar strong supporter alias tidak akan mengubah pilihan sampai hari pencoblosan 15 Februari nanti.

“Rata-rata di atas 90 persen tidak akan mengubah pilihan sampai hari pencoblosan,” jelas Dani.

Kedua, peta suara masih bisa berubah karena ada 12,13 persen pemilih yang belum menentukan pilihan. Selain itu, ada 4,67 persen total suara dari ketiga calon gubernur yang bisa mengubah pilihan.

“Jadi, pertarungan di minggu terakhir ini akan menentukan pasangan mana yang akan ke putaran kedua,” ujar Dani.

Terakhir, prediksi pasangan Agus-Sylvi bila lolos ke putaran dua. Jika Agus-Sylvi berhadapan dengan Ahok-Djarotm maka suara Agus – Sylvi mencapai 48,18 persen melawan Ahok 0 Jarot 32,67 persen.

Namun, jika Agus-Sylvi bertemu Anies-Sandiaga, maka Agus – Sylvi akan memperoleh suara sebesar 45,87 persen  dan Anies – Sandi 36,80 persen. (boi)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top