Internasional

Banjir paksa evakuasi warga di San Jose, California

Los Angeles, California NasionalPos – Air bah setinggi pinggang menggenangi wilayah sepanjang sungai yang meluap karena hujan di San Jose, California, Selasa waktu setempat (Rabu WIB), memicu pihak berwenang mengeluarkan perintah evakuasi bagi lebih dari 1.000 keluarga menurut pejabat kota.

Kota terbesar ketiga di negara bagian itu, yang merupakan penghubung daerah teknologi tinggi Silicon Valley dengan San Fransisco, berpenduduk sekitar satu juta dan mengumumkan keadaan darurat saat Sungai Coyote meluap karena hujan deras selama beberapa hari.

Air bercampur sampah membanjiri sejumlah bagian kota, menenggelamkan mobil yang diparkir dan menjilat dinding apartemen dan bangunan rumah sementara para petugas pemadam kebakaran menggunakan perahu karet untuk menyelamatkan para warga yang terperangkap ke area yang kering.

Sekitar 300 rumah di wilayah rendah Rock Springs mendapatkan perintah evakuasi, dan pejabat kota penghuni 200 rumah lainnya di wilayah Williams Street meninggalkan rumah mereka, juru bicara kota David Vossbrink mengatakan.

Setelah gelap, petugas pemadam kebakaran mulai bergerak dari pintu ke pintu untuk memperingatkan warga di tiga lokasi taman rumah bergerak di tepi sungai, yang terdiri atas sekitar 600 unit rumah berjalan, untuk pindah ke lokasi yang lebih tinggi, Vossbrink mengatakan, menambahkan bahwa ketinggian air semakin meningkat.

Dalam sebuah konferensi pers sebelumnya pada hari ini, Wali Kota Sam Liccardo mengatakan bahwa pejabat wilayah kota harus bergerak lebih cepat dalam mengevakuasi lokasi Rock Spring,seperti dilansir antaranews.

“Saat saya duduk di sini hari ini dan saya melihat lingkungan yang sepenuhnya terendam…tidak ada pertanyaan dalam pikiran saya tentang adanya semacam kegagalan,” kata dia.

Para pejabat kota belum mendapatkan laporan mengenai korban luka, tewas atau orang hilang, ujar Vossbrink, yang memperkirakan 300 unit rumah terendam banjir.

Dinas Pemadam Kebakaran San Jose menyarankan pembersihan dekontaminasi bagi mereka yang terdampak banjir guna menyingkirkan polutan yang berbahaya.

Serangkaian hujan lebat terbaru yang mengguyur bagian utara California pada Minggu dan Senin melemah pada Selasa menurut Dinas Cuaca Nasional.

Para ahli meteorologi mengatakan badai itu dipicu oleh “sungai atmosferik” yang membawa kelembaban dari Samudera Pasifik.

Minggu lalu serangkaian badai menyebabkan krisis dekat Bendungan Danau Oroville, sekitar 160 kilometer ke arah timur laut San Fransisco, dimana kerusakan di dua jalur air memicu evakuasi sekitar 100.000 orang ke arah hilir.

California perlahan pulih dari musim kemarau berkepanjangan selama lima tahun berkat beberapa bulan cuaca basah tak biasa.

Setidaknya curah hujan dengan intensitas 8 centimeter mengguyur sejumlah wilayah, beberapa bahkan lebih, seperti di wilayah Big Sur dan di luar kota Santa Rosa, yang mendapatkan curah hujan dengan intensitas lebih dari 20 cm, kata pejabat dinas cuaca, menambahkan badai besar berikutnya diperkirakan mengenai California Utara akhir minggu ini. (smt)

 
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top