Nasional

Menhub Paparkan Progres Pembangunan Bandara Kertajati

Kertajati,NasionalPos – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memaparkan progres pembangunan Bandara Internasional Kertajati.

Pembangunan Bandara Kertajati dilakukan Kementerian Perhubungan bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan didukung beberapa investor swasta.

Di mana Kemenhub membangun sisi udara seperti pembangunan landas pacu (runway), area parkir pesawat (appron), jalur pesawat (taxi way), pagar pengaman sekeliling bandara dan sebagainya.

Sementara, sisi darat dibangun PT BIJB, yang merupakan perusahan gabungan yang dimiliki Pemerintah Provinsi Jabar dengan investor swasta, 51 persen Pemprov Jabar dan 49 persen swasta,seperti dilansir jpnn.com,sabtu (25/2).

“Sisi darat yang dibangun adalah terminal utama penumpang, dan infrastruktur pendukung lainnya,” papar Budi.

Bandara Kertajati memiliki lahan seluas 1000 hektar yang pembebasannya telah selesai dilakukan oleh Pemprov Jabar, dan akan dilanjutkan pembebasan lahannya hingga 1.800 hektar.

Adapun pembangunan sisi darat yang dilakukan PT BIJB terbagi dalam tiga paket. Paket pertama, yaitu pekerjaan infrastruktur dengan target penyelesaian Juli 2017.

Paket kedua, yaitu terminal utama penumpang dengan target penyelesaian November 2017.

“Paket ketiga, bangunan penunjang operasional dengan target penyelesaian Agustus 2017,” katanya. (dme)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top