Internasional

Aisyah Terancam Hukuman Mati di Malaysia

JAKARTA, NasionalPos – Warga Negara Indonesia (WNI) Siti Aisyah terancam hukuman mati. Kejaksaan Malaysia akan mendakwa Aisyah dan Doang Thi Huong  tersangka pembunuh Kim Jong-nam dengan hukuman mati. Pembacaaan resmi dakwaan akan dilakukan pada Rabu (1/3/2017) besok.

Jaksa Agung Mohamed Apandi Ali mengatakan dua tersangka dari Vietnam dan Indonesia terancam menghadapi ancaman hukuman mati. Doan Thi Huong dan Siti Aisyah adalah pelaku yang mengusapkan racun VX ke wajah korban.

“Mereka akan didakwa di pengadilan di bawah Pasal 302 Hukum Pidana,” kata Ali seperti dikutip BBC. Ia mengonfirmasi ancaman maksimal untuk terdakwa jika dinyatakan bersalah adalah hukuman mati.

Ali mengatakan, belum ada putusan untuk satu pria Korut yang juga telah ditangkap. Ia ditahan sebagai tersangka pada kasus yang sama. Hingga kini, total sudah ada 10 tersangka yang diidentifikasi kepolisian Malaysia. Empat orang masih buron.

Dua tersangka termasuk pejabat senior di Kedutaan Besar Korut di Kuala Lumpur dan seorang karyawan maskapai penerbangan. Empat orang yang masih buron merupakan warga Korut. Korsel yakin mereka adalah agen sebenarnya.

Kim Jong-nam merupakan kakak seayah dari pemimpin Korut, Kim Jong-un. Doan dan Siti mengusap racun VX dalam dosis tinggi sehingga membuat Kim meninggal dalam waktu 15 hingga 20 menit. (den)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top