Megapolitan

Pemenang Tender Surat Suara Pilkada DKI Mundur Karena Demo Karyawan

JAKARTA, NasionalPos – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPUD) Jakarta Sumarno mengungkapkan alas an pengundunduran diri persuahaan pemenang tender pencetakan surat suara untuk putaran kedua Pemilihan Kepala Daerah 2017 DKI Jakarta. Pengunduran diri dilakukan karena perusahaan tersebut terus menerus didemo karyawannya.

Sumarno menuturkan, masalah yang dihadapi perusahaan pemenang tender pencetakan surat suara putaran kedua adalah demo karyawan. Sehingga, perusahaan memutuskan untuk mengundurkan diri sebelum memulai produksi surat suara.

“Betul, perusahaan itu mengundurkan diri karena pemogokan para buruh. Daripada berisiko, mereka memilih mundur,” ungkap Sumarno di Jakarta, kemarin.

Sumarno menjelaskan, awalnya, surat suara putaran kedua Pilkada ibu kota akan dicetak di kawasan industri Pulogadung, Jakarta Timur. Pada putaran pertama, surat suara Pilkada DKI dicetak di Makassar.

Terkait pengunduran perusahaan pemenang tersebut, maka KPU RI akan menunjuk pengganti perusahaan untuk memproduksi surat suara. Pengadaan logistik tersebut dilakukan melalui lelang di katalog elektronik milik KPU RI.

“Sam pai sekarang belum ada penggantinya dari KPU RI. Kan lelangnya lewat e-katalog di KPU pusat, ada peringkatnya pemenang satu, dua,” ujarnya.

Untuk diketahui, produksi surat suara dilakukan setelah KPU DKI mengetahui jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di putaran kedua Pilkada. Jumlah pemilih pada putaran kedua Pilkada diperkirakan bakal meningkat. KPU DKI juga akan memasukkan pemilih tambahan di putaran pertama ke DPT.

Selain penambahan surat suara dan DPT, KPU DKI juga memprediksi peningkatan jumlah tempat pemungutan suara (TPS). Berbagai ketentuan ihwal putaran kedua Pilkada DKI akan diumumkan penyelenggara pemilu Sabtu (4/3/2017) nanti. (cep)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top