Megapolitan

LSI Denny JA : Elektabilitas Anies – Sandi Terus Naik Mengalahkan Ahok – Djarot

JAKARTA, NasionalPos – Hasl survey yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menunjukkan elektabilitas pasangan Anies- Sandi jauh lebih unggul dibandingkan Ahok Djarot. Paslon yang diusung Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini peroleh suara sebesar 49,7 persen, sedangkan Ahok – Djarot hanya 40,5 persen.

Survei yang dilakukan pada 27 Februari-3 Maret 2017 itu, dengan wawancara tatap muka menggunakan kuisioner. Adapun, jumlah responden yang diwawancara dalam survei tersebut adalah sebanyak 440 responden dengan margin of error kurang lebih 4,8 persen.

Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby, mengungkapkan, keunggulan Anies-Sandi tersebut diperoleh lantaran mayoritas pemilih Muslim di DKI memilihnya. Anies-Sandi memperoleh dukungan dari pemilih Muslim sebesar 55,04 persen, sementara Ahok-Djarot hanya memperoleh dukungan sebesar 36,02 persen.

“Untuk pemilih Muslim, populasi pemilih terbesar, pasangan Anies-Sandi unggul jauh dari pasangan Ahok-Djarot. Anies-Sandi memperoleh dukungan sebesar 55,04 persen, sedangkan Ahok-Djarot hanya 36,02 persen,” papare Adjie di Jakarta, Rabu (7/3/2017).

Sebaliknya, pasangan Ahok-Djarot unggul mutlak di pemilih non-Muslim. Pasangan Ahok-Djarot memperoleh dukungan sebesar 86,58 persen, sementara Anies-Sandi hanya memperoleh dukungan sebesar 3,65 persen.

Selain itu, pasangan Anies-Sandi juga mengungguli Ahok-Djarot dalam kategori pemilih dari suku Betawi dan Sunda. Anies-Sandi unggul dengan perolehan suara 58,5 persen dibandingkan Ahok-Djarot yang hanya 30,2 persen di pemilih Betawi. Sementara 11,3 persen masih merahasiakan pilihannya atau tidak menjawab.

Hal yang sama di pemilih dari suku Sunda, Anies-Sandi unggul dengan perolehan 54,7 persen dibandingkan pasangan Ahok-Djarot yang hanya 39,8 persen. Sementara, hanya 5,5 persen dari pemilih suku Sunda yang belum menentukan pilihan.

Tak hanya itu, di pemilih asal suku Jawa pun Anies-Sandi masih unggul dengan perolehan suara sebesar 47,6 persen. Sementara, pasangan Ahok-Djarot kalah dengan 42,6 persen, dan 9,8 lainnya belum menentukan pilihan.

Namun Ahok-Djarot mengungguli pasangan Anies-Sandi pada pemilih yang berasal dari suku lainnya. Ahok-Djarot memperoleh suara sebanyak 64,9 persen dibanding Anies-Sandi yang hanya memperoleh suara 30,1 persen dan 5,0 persen lainnya belum menentukan pilihan.

Pemilih dari suku lainnya adalah gabungan dari masyarakat Jakarta yang berasal dari suku-suku gabungan yang persentasinya kecil atau di bawah 15 persen. Di dalamnya termasuk Tionghoa, Minang, dan lainnya. (cep)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top