Megapolitan

Mayoritas Pengguna Sosmed Pilih Anies – Sandi

JAKARTA, nasionalpos – Meskipun mayoritas pengguna media sosial merasa puas dengan kinerja pasangan petahana Ahok – Djarot, namun mereka lebih memilih pasangan calon nomor 3, Anies Baswedan – Sandiaga Uno.

Demikian hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA yang dirilis di Kantor LSI Denny JA, Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (21/3/2017).

Peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar, membeberkan bahwa dari 58,9 persen pengguna media sosial, 73,6 persen di antaranya puas dengan kinerja Ahok-Djarot. Sementara 26,4 persen lainnya menyatakan tidak puas.

Meskipun puas terhadap kinerja Ahok-Djarot, namun mereka lebih memilih pasangan cagub-cawagub Anies Baswedan-Sandiaga Uno pada Pilkada DKI Jakarta 2017.

Menurut Rully, ada tiga alas an mengapa mereka lebih memilih Anies – Sandi.

Pertama, mayoritas pengguna media sosial ingin Jakarta punya gubernur baru. “Sebesar 54,33 persen menyatakan bahwa mereka ingin gubernur baru,” jelasnya.

Kedua, berkaitan dengan dugaan kasus penodaan agama yang dituduhkan kepada Ahok. Sebanyak 56 persen pengguna media sosial menyakini bahwa pernyataan Ahok menodakan agama.

Ketiga, sebanyak 58,25 persen responden menyatakan tidak rela dipimpin oleh terdakwa dugaan kasus penodaan agama. Yang menyatakan rela hanya sebanyak 28,45 persen dan 13,3 persen tidak menjawab.

Kesimpuannya, meskipun mayoritas pengguna media sosial puas dengan kinerja Ahok-Djarot, mereka lebih memilih Anies-Sandi.

“Jadi, meskipun mereka puas dengan kinerja Ahok sebagai petahana, namun di sisi lain mereka tak rela Ahok memimpin mereka kembali dan ingin gubernur baru,” kata Rully.

Survei LSI Denny JA yang menggunakan dana sendiri ini dilakukan pada 27 Februari – 3 Maret 2017 dengan wawancara tatap muka terhadap 440 responden di Jakarta. Metode penelitian yang digunakan yakni multistage random sampling dengan margin of error lebih kurang 4,8 persen. (cep)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top