Megapolitan

Aksi 313 Akan Dihadiri Ribuan Massa, Polisi Siap Siaga

JAKARTA, nasionalpos – Pihak Polda Metro Jaya tengah menyiapkan pengamanan untuk aksi 31 Maret 2017 atau dikenal dengan aksi 313.

“Soal aksi ya kami sudah terima tembusannya, izinnya kan ke Mabes,” jelas Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Rabu (29/3/2017).

Menurutnya, aksi tersebut akan diisi dengan kegiatan ibadah. Namun, dia membantah jika aksi tersebut akan diwarnai unsur politik terkait Pilkada DKI.

Sementara itu, koordinator aksi dari Forum Umat Islam (FUI) Bernard Abdul Jabbar membenarkan rencana aksi yang akan dihadiri ribuan massa dari berbagai ormas. Sebelum aksi, massa akan melaksanakan shalat Jumat di Masjid Istiqlal kemudian berjalan kaki ke Istana Merdeka untuk menyampaikan aspirasinya. Dia menyatakan aksi tersebut akan berjalan damai.

“Kami sudah sampaikan ke Polda, aksi ini aksi damai, selama ini kan FUI aksi enggak ada rusuh, (enggak) merugikan masyaralat lain. Macet atau apa pasti terjadi mau ratusan atau ribuan orang. Enggak demo juga macet, jadi enggak mengganggu ketertiban umum lah,” kata Bernard seperti dilansair dari kompas.com.

Sebelumnya, Direktur Intelijen dan Keamanan Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Merdisyam mengatakan, polisi mulai menganalisis dan mendata jumlah massa yang kemungkinan akan mengikuti rencana aksi 31 Maret 2017.

Demonstrasi yang dikenal dengan sebutan aksi 313 itu akan digelar oleh sejumlah organisasi keagamaan.

Menurut Merdisyam, polisi sudah mulai mendeteksi jumlah massa yang kemungkinan akan menghadiri aksi tersebut.

“Iya sudah. Dengan adanya media sosial, kan ada media sosial itu kan ya. Lagi kami data jumlah massanya,” ujar Merdisyam saat dihubungi, Selasa (28/3/2017

Merdisyam menuturkan, hingga saat ini Polda Metro Jaya belum menerima surat pemberitahuan terkait rencana aksi tersebut. Polisi baru mengetahui adanya rencana aksi 313 dari media sosial.

“Sampai sekarang belum ada komunikasi. Cuma secara pengajuan kegiatan untuk Polda Metro sampai malam dan saat ini belum terima laporan,” kata dia.

Salah satu informasi yang diketahui polisi, lanjut Merdisyam, yakni aksi 313 bertujuan meminta Presiden Joko Widodo untuk segera memberhentikan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dari jabatan Gubernur DKI Jakarta karena menjadi terdakwa kasus dugaan penodaan agama.

“Kalau yang kami tahu dari pemberitaan media sosial, salah satunya kan tuntutannya soal Ahok itu,” ucap Merdisyam.

Beberapa hari ini muncul selebaran ajakan aksi bagi umat Islam di media sosial dan aplikasi percakapan. Demo bernama 313 itu rencananya diisi dengan shalat Jumat di Masjid Istiqlal dan penyampaian tuntutan di depan Istana Negara.

Sekjen Forum Umat Islam (FUI), Muhammad Al Khaththath, membenarkan adanya aksi 313 tersebut. Ia mengaku tengah menyiapkan sosialisasi.

“Insya Allah, sudah kami panita menyiapkan segala suatu, tahap sosialisasinya, pengundangan ormas, lembaga, komunitas, kaum Muslimin Jakarta khususnya, dan sekitar Jakarta,” kata Al Khaththath. (cep)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top