Megapolitan

KPUD Jakarta Tak Melarang Kampanye Hitam

JAKARTA, nasionalpos – Pihak Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jakarta mempersilahkan siapapun untuk melakukan kampanye negatif atau kampanye hitam. Sepanjang kampanye hitam memiliki dasar, maka tak ada sanksi bagi pelakunya.

Hal itu dilontarkan Ketua Pokja Kampanye KPUD DKI Jakarta, Dahliah Umar, menanggapi munculnya kampanye hitam dalam Pilkada DKI putaran kedua ini.

Menurut Dahlia, kampanye hitam adalah kampanya yang membeberkan fakta-fakta negatif terkait paslon. Hal itu diperbolehkan agar diketahui publik asal memiliki sumber yang jelas, valid dan dapat dipertanggungjawabkan. “Tidak masalah karena itu kan informatif, kalau ada data fakta seimbang, kita tidak boleh melarang,” kata Dahliah di Jakarta, Sabtu (1/4/2017).

Jika ada fakta negatif yang dipaparkan, baik dari tim sukses maupun paslon harusnya diklarifikasi oleh yang tertuduh. Proses inilah yang Dahliah akan membawa masyarakat mengetahui rekam jejak, integritas, dan fakta calon gubernurnya.

Dahlia menambahkan, masyarakat harus mengetahui rekam jejak siapapun calon pemimpinnya. “Masyarakat berhak tahu ingeritas paslonnya. Apalagi kalau dulu paslon pernah memegang jabatan publik,” pungkasnya. (cep)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top