Nasional

Diskusi PIKI DKI Jakarta : LRT / MRT Solusi Atasi Macet Jakarta

Jakarta,NasionalPos – Rencana Pembangunan LRT maupun MRT sebagai moda transportasi masa depan di Provinsi DKI Jakarta, bukan hanya menjadi perbincangan di masyarakat, namun  juga menjadi topik Perbincangan pada acara Diskusi jelang Konferda Dewan Pimpinan Daerah Persekutuan Intelegensia Kristen Indonesia Provinsi DKI Jakarta di Lantai 9 Gedung  Lembaga Alkitab Indonesia, jl. Salemba Jakarta Pusat, Selasa, (2 /05/2017).

Diskusi yang dihadiri sekitar 50 orang peserta ini menghadirkan dua narasumber, yakni  Dr. Ir. William Sahbandar  Dirut MRT Jakarta  dan Dr. Eko Susanto Direktur Pembelajaran Untar Fak Ilmu Komunikasi.

Menurut William Sahbadar, saat ini untuk mengatasi kemacetan yang terjadi di Jakarta, bukan hanya di titik beratkan pada pembangunan infrastrutur Jalan, Fly Over maupun underpass, namun demikian juga diperlukan adanya suatu konsepsi moda transportasi yang terintegrasi dan terjangkau dari pusat-pusat keramaian, kawasan bisnis, perdagangan, wisata maupun kawasan pelabuhan.

”Bicara soal LRT maupun MRT, keduanya merupakan moda transportasi yang di harapkan mampu mengatasi kemacetan di Jakarta ini, karena itu, mesti terintegrasi dengan alat transportasi yang lain,”tutur William yang juga anggota Dewan Pakar PIKI.

Selain itu, MRT maupun LRT ini merupkan proyek pengadaan layanan moda transportasi yang pertama kali di kerjakan di Indonesia khususnya Jakarta sebagai Ibukota, merupakan Pilot Project dari ketersediaan layanan MRT maupun LRT, nah karena itu, agar proyek ini berjalan dengan baik dan mampu mengatasi kemacetan di Jakarta, maka diperlukan perubahan paradigma dari masyarakat, agar secara perlahan-lahan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan beralih menggunakan moda transportasi MRT atau LRT.

Sementara itu, Menurut Dr. Eko Susanto Direktur Pembelanjaran Untar Fakultas Ilmu Komunikasi, Permasalahan Transportasi di Jakarta ini memang sangat kompleks, banyak factor yang menyebabkan tersedianya layanan transportasi itu dapat di terima atau tidak oleh masyarakat.

Masyarakat memerlukan moda transportasi bukan hanya untuk menunjang kehidupan sosialnya melainkan di era sekarang ini, transportasi sudah menjadi kebutuhan gaya hidup masyarakat perkotaan.” Di sinilah diperlukan komunikasi yang mesti efektif untuk dapat merubah minset masyarakat tentang kebutuhan moda transportasi yang aman, nyaman dan terjangkau,”ujar  Dr. Eko Susanto.

Program Pembangunan dapat berlangsung dengan baik dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, apabila Pemerintah mampu berkomunikasi dengan tepat dan bahkan di harapkan dapat merubah minset warganya, LRT dan MRT jangan di perbandingkan, tapi sebaiknya di integrasikan agar saling mendukung, sebab kedua moda transportasi inilah yang menjadi jawaban atas masalah kemacetan di Jakarta.[]

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top