Top News

Pesan Menteri Pemberdayaan Perempuan : jangan takut laporkan persekusi

Jakarta, NasionalPos – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise meminta para pria agar melindungi kaum perempuan dan anak. Pria jangan malah menjadi pelaku kekerasan terhadap perempuan dan anak.

“Kami memohon kepada seluruh masyarakat, bila terjadi kekerasan terhadap perempuan dan anak maka harus dilaporkan kepada kami, agar dapat ditindaklanjuti sesuai hukum. Negara kita sudah memberlakukan hukum yang keras untuk menjaga dan melindungi perempuan dan anak,” kata Yohana saat ditemui seusai acara Deklarasi Perlindungan Perempuan dan Anak di Tugu Proklamasi, seperti dikutip antara,  Jumat (9/6).

Yohana juga mengecam bentuk persekusi yang akhir-akhir ini marak terjadi, dia mengatakan anak dan perempuan melakukan kesalahan atau pelanggaran hukum harusnya diselesaikan melalui proses hukum.

Dia mengatakan anak-anak sebagai korban atau pelaku tindak kejahatan tidak boleh diekspos, menurut dia saat ini masyarakat banyak melanggar prinsip tersebut.

Yohana mengutuk setiap kekerasan terhadap perempuan dan anak, karena itu bertentangan dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. “Semua pelanggaran harus ditindak sesuai hukum yang berlaku,” ujar Yohana.

Dia menyampaikan, Indonesia adalah role model perlindungan perempuan dan anak bagi bangsa-bangsa lain di dunia. Selama ini, lanjut dia, negara lain memandang Indonesia sangat menghormati kaum perempuan dan menyayangi anak.

“Alasannya adalah Indonesia negara Muslim terbesar di dunia, toleransi tinggi, dan derajat kesejahteraan perempuan dan anak di Indonesia yang dianggap maju,” ujarnya. []

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top