Ekonomi

THR dan Gaji ke-13 PNS Sudah Diteken Presiden

Jakarta,NasionalPos– Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan, Peraturan Menteri Keuangan (PMK) mengenai pencairan anggaran Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ke-13 bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan segera terbit di pekan ini. Pasalnya, Peraturan Pemerintah (PP) yang menjadi landasan hukumnya, telah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Bapak Presiden sudah tandatangan nanti akan segera diumumkan,” ujar Sri Mulyani di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (13/6/2017),seperti dilansir kompas.

Selanjutnya, Menteri Keuangan akan mengeluarkan aturan turunan dari PP terkait THR dan gaji ke 13  itu. Namun Sri Mulyani belum menyebut kapan pastinya aturan itu keluar.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur menuturkan, urusan THR dan  gaji ke 13 untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) ada di tangan Kementerian Keuangan.

Meski begitu, ia menyampaikan bahwa THR akan dicairkan seperti tahun-tahun sebelumnya, yakni sebelum Hari Raya Idul Fitri atau lebaran.

Sementara itu Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Suahasil Nazara mengatakan, anggaran  gaji ke 13  PNS tahun ini sekitar Rp 7 triliun-Rp 8 triliun.

Namun ia mengatakan pencairannya bisa tidak bersamaan dengan pencairan Tunjangan Hari Raya ( THR). Sebab tujuan  gaji ke 13  lebih kepada membantu biaya anak sekolah, adapun THR untuk keperluan Lebaran.[]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top