Megapolitan

Pendatang Baru Yang Akan Datang ke Jakarta Akan Di Tertibkan

Jakarta,NasionalPos — Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta akan melakukan pendataan pemudik yang kembali datang ke Ibukota Jakarta selama arus balik lebaran. Pendataan pendatang sendiri rencananya akan dimulai sejak 29 Juni hingga 10 Juli 2017 mendatang.

Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta, Edison Sianturi mengatakan, pendataan ini dilakukan atas kerjasama dengan posko terpadu Kementerian Perhubungan. Dari pendataan tersebut akan diketahui jumlah pemudik yang kembali ke Ibukota.

“Jadi nanti jumlah pemudik saat arus mudik dan arus balik akan dilihat perbedaan angkanya,” ujarnya, saat di temui usai acara halal bihalal dengan Gubernur DKI Jakarta di Balai Kota Jakarta, Senin,( 3 Juli 2017).

Menurut Edison, pendataan ini akan dilihat dari beberapa pintu masuk atau kedatangan pemudik seperti terminal, stasiun, bandara, serta pelabuhan.

“Jadi selama 10 hari pemantauan dan monitoring, serta pendataan arus balik di titik-titik kedatangan,” ucapnya.

Ia menjelaskan, untuk melihat jumlah pendatang baru di Ibukota, pihaknya memiliki pola 10-7-7. Di mana selama 10 hari dilakukan pemantauan. Tujuh hari berikutnya didiamkan dahulu. Kemudian pada tujuh hari berikutnya dilakukan bina kependudukan.

“Karena bisa saja mereka datang bawa keluarga ke Jakarta untuk liburan habis itu pulang,” tandasnya.

Sementara itu, di tempat terpisah, Sekretaris komisi A,DPRD DKI Jakarta Drs Syarif, mengatakan pengawasan maupun pendataan dan juga penertiban terhadap pendatang baru ke Jakarta, mesti dilakukan secara manusiawi, jangan ada tindakan dari petugas yang bertentangan dengan nilai-nilai kemanusiaan dan keadilan, “Ya, Pemprov DKI Jakarta, jangan hanya melakukan pendataan maupun penertiban pendatang baru di pemukiman saja, tapi juga di apartemen-apartemen mewah, kost-kost, real estate, yang justru rawan adanya pendatang baru illegal,”ucapnya kepada wartawan di Gedung DPRD DKI Jakarta.[]

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top