Ekonomi

Pemerintah Akan Mencicil Hutang ke Pertamina

Jakarta,NasionalPos —  Pemerintah akan membayar hutang ke PT Pertamina Persero pada tahun ini. Namun pembayaran hutang itu secara di cicil tidak secara langsung.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, Pembayaran sebagian utang kepada  Pertamina akan dilakukan pemerintah pada semester dua tahun ini. Namun ia tidak menyebutkan besaran utang yang akan dibayar.

“Pemerintah akan memenuhi pembayaran kewajiban BBM yang selama ini dipakai oleh institusi seperti TNI yang belum terbayarkan (ke Pertamina),” ujarnya di Gedung DPR, seperti dilansir kompas.com ,Jakarta, Rabu (5/7/2017).

Saat ini, hutang pemerintah ke  Pertamina mencapai Rp 34 triliun. Hutang itu terdiri dari hutang  subsidi BBM dan elpiji yang ditalangi oleh Pertamina pada tahun ini.

Awalnya tutur Sri Mulyani pemerintah akan melakukan kalkulasi ulang terkait besaran  subsidi elpiji dan BBM pada 2017. Namun keluar keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM).

“Pada semester pertama lalu, perbedaan antara jumlah subsidi yang ada di dalam APBN dengan yang harus ditanggung oleh  Pertamina dibayar oleh  Pertamina dulu,” ujarnya.[]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top