Megapolitan

Jelang Lengser, Djarot Bagi-bagi Jabatan Komisaris BUMD

Jakarta,NasionalPos -Kurang dari satu bulan lengser dari jabatannya, Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat kembali membuat keputusan ngawur. Dia mengangkat sejumlah komisaris beberapa BUMD yang merupakan orang-orang terdekatnya.

Informasi yang dikumpulkan, sejumlah komisaris BUMD tersebut diantaranya Tenaga Ahli Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta dan Staf Ahli Ketua DPRD DKI Jakarta.

Mereka antara lain ditempatkan di PT Sarana Jaya, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) dan lainnya.

“Kebijakan Djarot mengangkat sejumlah komisaris BUMD menjelang pensiun jelas tidak etis. Ini tergolong keputusan aneh yang ngawur,” kata Pengamat Kebijakan Publik dari Budgeting Metropolitan Watch (BMW), Amir Hamzah,Senin (25/9).

Menurut Amir, sepatutnya sejak Djarot menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) akhir masa jabatannya dalam sidang paripurna DPRD DKI Jakarta, pada senin  (13/9) lalu, dia sudah tidak boleh membuat
keputusan strategis.

“Termasuk mengangkat dan memberhentikan pejabat atau komisaris BUMD,” ujar Amir.

Kata Amir, politisi PDIP itu hanya diperbolehkan kegiatan yang sifatnya administrasi.

“Kalau Djarot masih nekat bikin kebijakan strategis, DPRD bisa meminta keterangan Djarot,” tegas Amir.

Amir menambahkan, pengangkatan sejumlah komisaris BUMD itu boleh jadi merupakan jebakan buat Anies Baswedan-Sandiaga Uno yang akan dilantik sebagai pasangan pemimpin baru di Pemprov DKI pada 15 Oktober mendatang.[]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top