Nasional

Ketua FKDM: Kepala Bakesbangpol Jebak FKDM Dengan Anggaran

Jakarta–Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) M Rico Sinaga meminta Wagub Sandiaga Uno mencopot Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Darwis M Adji.

“Dia terindikasi sengaja menggembosi FKDM,” katanya usai pertemuan FKDM dengan Wagub Sandiaga Uno di Balaikota DKI, Jakarta Pusat, Jumat (8/12/2017).

Ia menjelaskan, penggembosan itu antara lain dilakukan melalui pengajuan anggaran FKDM yang dalam RAPBD 2018 tercatat sebesar Rp2,2 miliar.

“Pengajuan itu tanpa setahu FKDM, dan juga nggak pernah didiskusikan dengan FKDM. Tapi setelah itu dia juga yang bocorin ke pers, sehingga FKDM diberitakan miring oleh sejumlah media,” imbuhnya dengan jengkel.

Indikasi penggembosan yang lain adalah terkait rencana Jambore yang akan diselenggarakan FKDM di Cibubur, Jakarta Timur, dengan dana non APBD.

“Dua minggu yang lalu Wagub sudah Acc dan di disposisinya jelas tertulis agar segera ditindaklanjuti oleh Darwis yang di FKDM menjabat sebagai sekretaris pembina, tapi sampai sekarang nggak juga ditindaklanjuti,
sehingga acara itu menjadi terkatung-katung,” imbuh Rico.

Pegiat LSM senior ini mengaku sebenarnya tidak kaget pada perilaku Darwis, karena saat Pilkada DKI 2017 lalu dia sangat nyata mendukung calon petahana Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

“Karena itu tadi, seusai pertemuan dengan Wagub, saya jalan bareng Wagub dan saya paparkan semua masalah ini,” imbuh Rico.

Atas apa yang disampaikannya itu, Rico menyebut kalau Wagub mengatakan begini: “(Jadi) harus dihukum?”

Rico mengatakan, ia menyerahkan kepada Wagub apa pun yang hendak diputuskan, namun mengakui kalau ingin agar Darwis dicopot saja.

Saat dikonfirmasi via WhatsApp, Darwis membantah menggembosi FKDM.

“Itu salah kaprah… mana mungkin saya sebagai sekretaris pembina FKDM menggembosi ya,” katanya. []

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top