Politik

KPU Tegaskan Kampanye Hak Calon Kepala Daerah Meski Ditahan KPK

Nasionalpos.com, Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mempersilahkan calon kepala daerah yang telah ditahan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengikuti kampanye.

“Sebagai calon kepala daerah itu haknya, itu prinsipnya. Bagi yang terkena OTT, hak dia sebagai calon masih ada. Silakan berkampanye,” tandas Komisioner KPU Wahyu Setiawan di Jakarta, Rabu (14/2/2018).

Wahyu menambahkan calon kepala daerah yang sudah ditahan KPK  tetap diperbolehkan berkampanye oleh KPU. Namun Wahyu sendiri mengaku tidak mengerti jika KPK tidak memperkenankan yang bersangkutan untuk keluar dari tahanan untuk berkampanye.

Namun begitu, Wahyu menyerahkan sepenuhnya kepada KPK soal pemberian izin kampanye bagi calon kepala daerah yang terjaring OTT dan sudah ditahan di Rutan KPK.

Seperti diketahui, menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2018, sejumlah calon kepala daerah ditangkap oleh KPK karena terlibat korupsi. Di antaranya, Calon Gubernur NTT Marianus Sae, Calon Bupati Jombang Nyono Suharli dan Calon Bupati Subang Imas Imas Aryumningsih.

Terakhir KPK menangkap calon gubernur Lampung Mustafa yang diusung NasDem. ( )

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top