Politik

Ini Kata Istana Soal Larangan Anies Dampingi Jokowi

Nasionalpos.com, Jakarta – Pihak Istana mengaku tidak ada perintah dari Presiden Joko Widodo kepada Paspampres agar mencegah Gubernur DKI jakarta Anies Baswedan untuk mendampingi Presiden menyerahkan piala Presiden 2018.

Hal itu disampaikan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudi menanggapi pemberitaan tentang video yang memperlihatkan anggota Paspampres mencegah Anies Baswedan saat hendak mendampingi Presiden menjelang penyerahan piala usai pertandingan final antara Persija Vs Bali United di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (17/2/2018)

Peristiwa itu terekam dalam video amatir yang diunggah oleh pemilik akun Facebook, Ali Ghuraisah hari ini, Minggu (18/2/2018) sekitar pukul 11.30 WIB.

Bey menjelaskan, tindakan tersebut merupakan prosedur pengamanan karena Paspampres berpegang pada daftar nama pendamping Presiden yang disiapkan panitia.

“sesuai prosedur pengamanan, Paspampres hanya mempersilakan nama-nama yang disebutkan oleh pembawa acara untuk turut mendampingi Presiden Joko Widodo,” jelas Bey dalam keterangan persnya, Minggu (18/2/2018).

Menurut Bey, karena acara tersebut bukan acara kenegaraan, maka panitia tidak mengikuti ketentuan protokoler kenegaraan mengenai tata cara pendampingan Presiden oleh Kepala Daerah.

Karena itu, Boy menegaskan bahwa sama sekali tidak ada arahan dari Presiden Joko Widodo kepada Paspampres untuk mencegah Anies.

Boy menggambarkan, selama pertandingan  berlangsung, Presiden Jokowi dan Gubernur Anies sangat menikmati jalannya pertandingan final. Terlihat keduanya menonton dengan santai, sangat informal dan akrab.

Bahkan, Presiden sempat menyampaikan selamat dan menyalami Anies saat Persija mencetak gol.

Sementara, Anies sendiri tidak mempersoalkan insiden tersebut. “Ga pentinglah itu. Yang penting Persija menang. Soal saya di mana, itu enggak penting. Yang penting Persija menang, saya merasa bangga,” kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Minggu (18/2/2018).

Anies menuturkan, sebagai ungkapan rasa bangga atas kemenangan itu, maka saat itu dia telah mendatangi para pemain dan memberikan ucapan selamat.

“Saya terharu dan bangga atas kemenangan Persija. Makanya saya langsung  mendatangi teman-temandi lapangan saya ucapkan selamat. Yang penting bagi kita adalah Persija menang, rakyat Jakarta bangga, rakyat Indonesia bangga,” ujarnya. []

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top