Politik

KPU Ungkap 3 juta Lebih Pemilih Belum Miliki e-KTP

Nasionalpos.com, Jakarta – Sebanyak  6,7 juta pemilih Pilkada 2018 belum memiliki e-KTP. Demikian diungkapkan oleh komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Viryan,

“Hasil penetapan DPS Pilkada dari 375 kabupaten/kota, ada 152.092.310 pemilih yang telah tercatat. Dari jumlah itu, ada 6.768.125 pemilih yang belum memiliki e-KTP,” jelas Viryan kepada wartawan di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (20/3/2018).

Meski belum memiliki e-KTP, lanjutnya, namun mereka sudah terdaftar dalam daftar pemilih sementara (DPS) Pilkada 2018.

Viryan melanjutkan, atas masalaj itu, maka  KPU akan melakukan pengecekan kembali terhadap data 6,7 juta pemilih ini. Sebab, ada kemungkinan pemilih tersebut sudah melakukan rekam data e-KTP.

“Apabila menjelang penetapan daftar pemilih, dari 6,7 juta orang tadi sudah melakukan rekam data, dan mendapatkan suket, maka akan dikeluarkan dari daftar pemilih yang belum memiliki e-KTP. Setelah dikeluarkan, berarti masih ada 4 juta orang belum rekam data sampai menjelang penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam rentang waktu 13-19 April, selanjutnya pemilih ini akan dikeluarkan dari DPT,” terangnya.

Selain soal e-KTP, masalah lain diungkapkan Viryan adalah adanya enam kabupaten yang belum menyelesaikan penetapan DPS. Yakni Kabupaten LannyJaya, Kabupaten Nduga, Kabupaten Memberamo Raya, Kabupaten Mimika, Kabupaten Yahukimo dan Kabupaten Puncak yang seluruhnya ada di provinsi Papua.

Sejauh ini sudah dilakukan proses rekapitulasi DPS di enam kabupaten tersebut. Keenam daerah akan menyelesaikan rekapitulasi DPW sebelum 24 Maret. [ ]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top