Politik

FKPPI Berharap Kemendagri Rutin Gelar Program Penguatan Organisasi

Nasionalpos.com, Jakarta – Ketua Umum FKPPI Pontjo Sutowo bersama 100 orang Pengurus Pusat FKPPI, Banten, DKI, Jawa Barat dan Jawa Tengah hadir dalam acara yang dilaksanakan oleh Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum yang bertajuk “Forum Penguatan Kapasitas Organisasi Kemasyarakatan” pada Sabtu (24/3/2018) di Gedung BPSDM Kemendagri Kalibata.

Plt Sekjen FKPPI Anna R. Legawati mengharapkan agar forum semacam ini bisa rutin dilaksanakan.  Mengingat, peran ormas sebagai mitra pemerintah khususnya dalam kekuatan sosial.

“Kedudukan Ormas sebagai mitra pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan dan kekuatan sosial dapat berperan sebagai kontrol konstruktif bagi pelaksanaan program politik dan pembangunan.  Hal yang dapat dilakukan contohnya adalah memberi masukan kepada  pemerintah dalam hal perkembangan aktual yang terjadi di masyarakat berkaitan dengan kebijakan yang akan maupun telah dilaksanakan,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Anna, alasan mengapa kegiatan tersebut diharapkan berkesinambungan karena ormas juga berperan sebagai wadah penyampaian aspirasi  komponen masyarakat yang tergabung di dalamnya. Serta ormas juga dapat berfungsi sebagai fasilitator dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Disisi lain, Anna juga menyatakan FKPPI sebagai sebuah ormas dari keluarga besar TNI dan Polri selama ini sudah menjalankan peran pentingnya sebagai mitra pemerintah dalam pembangunan dan menjadi kekuatan sosial. Karena itu, FKPPI mendukung penuh pelaksanaan kegiatan serupa yang dilaksanakan kemendagri.

“FKPPI sebagai Ormas dari Keluarga Besar TNI dan Polri yang kepengurusannya sudah menjangkau seluruh pelosok nusantara dengan tekadnya sebagai garda terdepan dalam menjaga Pancasila serta keutuhan NKRI dapat menjadi mitra strategis pemerintah dalam hal penanganan potensi-potensi radikalisme dan kerawanan sosial yang terjadi di masyarakat,” pungkasnya, [ ]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top