Megapolitan

Warga Apresiasi berdirinya Warung Daur ulang di Kelurahan Cipete Utara

Nasionalpos.com, Jakarta — Banyak cara untuk membangun lingkungan hidup yang bersih dan asri, serta dapat mensejahterahkan warganya yang tinggal di wilayah lingkungan hidup tersebut, salah satu cara untuk mewujudkan kondisi tersebut,  di Kelurahan Cipete Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan telah meluncurkan Warung Daur Ulang di Bank Sampah Citra Antasari.

Lurah Cipete Utara Mohammad Yohan  mengatakan Warung Daur Ulang ini merupakan salah satu inovasi agar warga bisa lebih peduli terhadap lingkungan. Sehingga jumlah sampah yang disetorkan ke bank sampah bisa semakin banyak.

“Ini idenya sudah ada  sejak 2012. Dan akhirnya bisa terlaksana saat ini. Kami sudah bisa meluncurkan Warung Daur Ulang di Kelurahan Cipete Utara,” ujarnya, Sabtu (19/5/2018 ).

“Setiap sampah yang dibawa ke Warung Daur Ulang ditukar menjadi Natura seperti gula pasir, minyak goreng dan lainnya yang nilainya setara dengan harga pasaran sampah,” katanya.

Menurutnya, saat ini di Kelurahan Cipete Utara sudah memiliki 30 bank sampah. Ke depan, inovasi untuk mengembangkan bank sampah akan terus dilakukan agar semakin banyak masyarakat yang berminat.

“Butuh Inovasi lain selain pengembangan bank sampah sebagai alternatif pengelolaan sampah,”ujarnya.

Keberadaan warung daur ulang ini ternyata juga disambut gembira oleh warga setempat, hal ini seperti disampaikan oleh Faisal (37) salah seorang warga Kelurahan Cipete Utara, ia mengatakan dengan adanya warung daur ulang ini, warga semakin terbantukan dalam menangani soal sampah dan juga dapat menambah penghasilan.

“Saya bersama warga di sini, sangat merasakan manfaat kehadiran Warung Daur Ulang tersebut, kami sudah tidak dipusingkan lagi soal sampah, kita kumpulkan sampah, bawa ke warung daur ulang, pulangnya bawa keperluan sehari-hari, kegiatan ini sangat membantu warga,lho,mas,”ungkap Faisal saat diwawancara Nasionalpos.com  di kawasan kelurahan Cipete Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu, (19 /5/2018).

Lebih lanjut Faisal mengatakan bahwa sangat mengapresiasi keberadaan Warung Daur Ulang tersebut, dan bertekad untuk membantu pemerintah provinsi DKI Jakarta untuk mengembangkannya, pungkasnya.(dito)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top