Ekonomi

BI Umumkan Posisi Cadangan Devisa Per Akhir Februari 2019

Nasionalpos. com,Jakarta —  Anggapan berbagai kalangan bahwa kondisi keuangan Negara mengalami stagnasi pertumbuhan, realitasnya hal itu,di tepis Bank Indonesia (BI) Jumat,( 8/3/ 2019), merilis laporan cadangan devisa RI akhir Februari 2019. Dalam laporannya menjelaskan bahwa cadangan devisa RI setara dengan pembiayaan impor selama 6 bulanan.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Junanto Herdiawan dalam siaran persnya. Junanto mengungkapkan bahwa saat ini cadangan devisa Indonesia sebesar USD 123,3 miliar.

“Posisi cadangan devisa Indonesia tercatat USD 123,3 miliar pada akhir Februari 2019,” ungkap Junanto Herdiawan.

Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 6,9 bulan impor atau 6,7 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor,” sambungnya.

Junanto juga menjelaskan, jika dibandingkan dengan laporan cadangan devisa pada bulan Januari 2019 lalu, maka laporan cadangan devisa pada Februari 2019 ini mengalami peningkatan.

“Meningkat dibandingkan dengan USD 120,1 miliar pada akhir Januari 2019,” jelasnya mengakhiri perbincangan dengan awak media,  di Kantor Pusat Bank Indonesia.

Sementara itu di tempat terpisah,Anggota Komisi Keuangan Fraksi Nasdem DPR RI Johnny Plate mengatakan bahwa sangat mengapresiasi terhadap posisi cadangan devisa yang mengalami peningkatan.

“Posisi Cadangan Devisa yang mengalami peningkatan, ini patut diapresiasi Sebagai langkah strategis menjaga stabilitas pertumbuhan ekonomi Nasional,” pungkasnya.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top