Megapolitan

Warga Mengapreasiasi Musrenbang Kota Adm Jakarta Selatan

Nasionalpos.com, Jakarta–Salah satu tahapan pelaksanaan pembangunan di Provinsi DKI Jakarta, adalah menerima masukan perencanaan program pembangunan dari lima wilayah Kota Administrasi dan satu Kabupaten Administrasi Kep Seribu, dalam suatu forum dengan nama Musyawarah Perencanaan Pembangunan, begitu pula di wilayah Kota Adm Jakarta Selatan, juga menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan ( Musrenbang),pada tahun ini di buka  Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan membuka dan memberikan arahan dalam pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Tingkat Kota Administrasi Jakarta Selatan.

Musrenbang tersebut turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Saefullah; Wali Kota Jakarta Selatan, Marullah Mattali; anggota Komisi A DPRD Provinsi DKI Jakarta, Achmad Yani; lurah, camat, pengurus RT/RW, serta tokoh masyarakat di Jakarta Selatan.

Anies mengatakan, Musrenbang di tingkat kota merupakan pelaksanaan lanjutan mulai dari tahapan Rembuk RW untuk mengakomodir masukan atau usulan kegiatan pembangunan baik fisik maupun non fisik langsung dari masyarakat.

“Pemprov DKI juga sudah memfasilitasi adanya pendamping Rembuk RW. Itu memungkinkan, proses penyusunan rencana pembangunan bisa lebih sistematis dan memudahkan untuk masuk ke dalam rencana pembangunan di level provinsi,” ujarnya, di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Rabu (20/3).

Anies menekankan, untuk rencana kegiatan atau pembangunan di 2020 perlu memperhatikan persoalan atau kebutuhan dasar yang memang diinginkan masyarakat.

“Prosesnya sudah berjalan, kita berharap masukan dari warga akan bisa diakomodasi untuk direalisasikan di tahun 2020,” terangnya.

Ia berpesan, agar seluruh jajaran di Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Selatan agar bisa memanfaatkan ide dan gagasan yang muncul dari warga dalam program-program pembangunan.

“Termasuk untuk ruang ketiga yang menjadi ruang interaksi masyarakat. Ruang ketiga itu, dari mulai taman dan fasilitas lainnya harus nyaman bagi semua,” tandasnya.

Sementara itu, di tempat terpisah,penyelenggaraan Musrenbang di Kota Adm Jakarta Selatan, juga mendapatkan  respon dari warga Jakarta Selatan, sebut saja Efendi  Galuh ( 25) salah seorang warga yang tinggal di kawasan Mampang Prapata ini,mengatakan bahwa tahapan Musrenbang merupakan forum strategis untuk merencanakan program pembangunan di Jakarta Selatan.

“Saya sangat mengapresiasi terselenggaranya Musrenbang di Jakarta Selatan,apalagi Musrenbang kali ini, sesuai arahan Pak Gubernur, membuka ruang gagasan dari masyarakat,ini baru terobosan luar biasa, karena selama ini tidak diberikan ruang bagi warga untuk menyampaikan gagasannya,”ucap Efendi Galuh (25) seorang mahasiswa kepada awak media di kawasan Kantor Walikota Jakarta Selatan, Rabu, 20/3/2019.

Hal senada juga disampaikan Lili ( 40) warga Pondok Indah, ia mengatakan penyelenggaraan Musrenbang Kota Adm Jakarta Selatan merupakan ajang untuk merencanakan kegiatan pembangunan yang juga melibatkan unsur masyarakat.

“kami sangat mendukung Musrenbang dan berharap agar hasil dari musrenbang tersebut, benar-benar usulan dari warga Jakarta Selatan sesuai kebutuhannya,”Pungkas Lili saat ditemui awak media di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, Rabu, 20/3/2019.

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top