Ekonomi

Program PKT Solusi Sempitnya Peluang Usaha bagi Masyarakat

Nasionalpos.com,Jakarta,–Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah serta Perdagangan (KUKMP) bersama Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor (IPB) menyepakati kerja sama terkait Pengembangan Kewirausahaan Terpadu (PKT).

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dilakukan oleh Kepala Dinas KUKMP DKI Jakarta, Adi Ariantara dengan Dekan Sekolah Bisnis IPB, Noer Azam Achsani di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat.

Asisten Perekonomian Setdaprov DKI Jakarta, Sri Haryati mengatakan, penandatangan tersebut merupakan tindaklanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) yang sudah ditandatangani oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dengan Rektor IPB, Arif Satria pada 21 Januari 2019.

“Kami ingin IPB bisa ikut melakukan pelatihan dan pendampingan kepada warga yang mengikuti PKT. Saya juga minta IPB bisa memberikan evaluasi secara keseluruhan dan memberikan masukan tentang program ini,” ujarnya, usai menyaksikan prosesi penandatanganan Perjanjian Kerja Sama, Kamis (21/3).

Sementara, Kepala Dinas KUKMP DKI Jakarta, Adi Ariantara menambahkan, Sekolah Bisnis IPB memiliki kapasitas dan pengalaman yang dapat membantu serta memberikan gambaran secara teori dan praktik terhadap target pencapaian PKT yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

“Tentunya banyak tenaga terampil dari teman-teman IPB yang memenuhi syarat untuk memberikan pelatihan, baik kepada calon pelaku usaha maupun pelaku usaha yang ingin naik kelas,” terangnya.

Ia menambahkan, dalam waktu dekat ini, Sekolah Bisnis IPB akan turun ke lapangan untuk ikut serta memberikan pelatihan bagi para calon wirausaha sekaligus menjadi mentor bagi para pendamping PKT yang ada di setiap kecamatan.

“Mereka akan turun langsung ke tengah-tengah masyarakat. Kita ingin PKT terus berkembang dan warga Jakarta semakin sejahtera,” tandasnya.

Sementara itu, penandatangan MOU antara Dinas KUKMP  DKI Jakarta dengan  Sekolah Bisnis IPB Bogor, mendapatkan tanggapan positif dari warga Jakarta, hal di kemukakan salah seorang warga Jakarta yang tinggal di wilayah Jakarta Utara, sebut saja Yudi Darmadi ( 25) pria lajang warga Warakas, tamatan fakultas Ekonomi salah satu perguruan tinggi Swasta di Jakarta Utara, ia  mengatakan, bahwa dirinya sangat mendukung kerjasama tersebut, karena dengan adanya kerjasama tersebut,dapat  mendorong peningkatan kualitas Pengembangan Kewirausahaan Terpadu (PKT).

“Saya sangat mengapresiasi upaya Pemprov DKI Jakarta untuk mengoptimalkan program Pemberdayaan Kewirausahaan Terpadu, semoga adanya kerjasama dengan Sekolah Bisnis IPB, dapat mendorong meningkatkan kualitas maupun kuantitas PKT.”ucap Yudi Darmadi (25) kepada awak media, saat di temui di Warakas, Jakarta Utara, Kamis (21/3).

Senada dengan Yudi Darmadi, di tempat terpisah, sebut saja Arini (20) wanita lulusan SMK di wilayah Jakarta Selatan, mengatakan bahwa  Dinas UMKM Provinsi DKI Jakarta kerjasama Sekolah Bisnis IPB, ini membuktikan adanya peluang lebih baik bagi peserta program Pemberdayaan Kewirausahaan Terpadu tersebut.

“Saya pun akan ikut program Pemberdayaan Kewirausahaan Terpadu, ya,mas,program ini dapat menjadi bekal bagi masa depan saya, setelah lulus SMK, saya menganggur, susah nyari kerja di masa sekarang, kita berharap program PKT dapat jadi Solusi sempitnya peluang usaha bagi kami lulusan SMK,mas,”pungkas Arini.(*)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top