Nasional

Perwamki Gelar Munas ke VI, BerTema :Pergilah Memberitakan Kabar Baik (Markus 16:20)

Nasionalpos.com,Jakarta–Pada 22 sampai 24 Maret 2019 Perkumpulan Wartawan Media Kristiani Indonesia (PERWAMKI) yang dipimpin Dr. Yusak Tanasyah-Betty Bahagianty, S.Sos mengadakan Munas VI. dengan Tema: Pergilah Memberitakan Kabar Baik (Markus 16:20), Acara dibuka di Rehoboth Hall, Kelapa Gading, Jakarta Utara, dan persidangan diadakan di Villa Pondok REM, Bogor, Jawa Barat. Acara pembukaan diawali ibadah dengan pengkhotbah Pdt. DR. (HC) Mulyadi Sulaeman (PGPI). Pembukaan Munas VI ini pun dihadiri sejumlah pimpinan gereja aras nasional, profesional, tokoh-tokoh Kristiani, pimpinan ormas, pimpinan media Kristiani dan kaum jurnalis. Serta dihadiri Sekjen Kementerian Komunikasi dan Informasi RI, Rosarita Niken Widiastuti, M.Si sebagai keynote speakermewakili Menteri Kominfo RI, Rudyantara.

Di acara pembukaan Munas Perwamki, Ketua Umum DPP Perwamki, Yusak Tanasyah menjelaskan sejarah singkat dan keanggotaan Perwamki.

“Perwamki lahir pada tahun 2003. Awal namanya Persekutuan, kemudian karena mengikuti aturan agar terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM diubah menjadi Perkumpulan dengan kelanjutan; Wartawan Media Kristen Indonesia (Perwamki),” terang Yusak

Dilanjutkan Yusak, anggota Perwamki umumnya adalah wartawan dari media-media aras dan sinodal gereja-gereja yang ada di Indonesia.

“Kemudian ada dari media umum Kristen dan Katolik juga ada seperti; majalah Narwastu, Majalah Hidup, Bahana dan Tabloid Mitra Indonesia. Sekarang makin bertambah banyak lagi anggotanya. Jumlah wartawan ada 25 orang, tetapi medianya ada 40-an, hal itu karena ada di antara kita yang mengelola beberapa media seperti kawan kami Victor selain di Majalah Suara HKBP, onlinekristen juga wartawan di Koran SIB Medan,” bebernya.

Hadir dalam acara pembukaan Munas ini, para pendiri Perwamki yakni; Suratinoyo (Mitra Indonesia), Jonro Munthe (Majalah Narwastu) dan Margianto (Victorius), serta ratusan peserta Munas ke 6 Perwamki

Sementara,usai acara pembukaan Munas,  Pemimpin redaksi majalah Narwastu, Jonro Munthe mengatakan, Perwamki telah beberapa kali bekerjasama dengan berbagai pihak termasuk juga Kementerian. “Kita beberapa kali diundang sebagai pembicara, dan juga memberikan masukan kepada berbagai pihak” katanya.

Sejumlah pendapat dan harapan sudah disampaikan sejumlah pendiri dan pimpinan media Kristiani, bahwa PERWAMKI ke depan harus lebih maju, solid dan baik sebagai sebuah organisasi profesi jurnalis dari berbagai media Kristiani. Yusak Tanasyah (Pemimpin Redaksiberitabaik.com) sudah menjabat sebagai Ketua Umum DPP PERWAMKI selama dua periode. Yusak pertama kali terpilih di Munas IV di Bali (2013), dan terpilih lagi di Munas V di Singapura (2016).

Terkait dengan calon Ketua Umum dan Sekretaris Umum PERWAMKI di Munas VI 2019, salah satu pendiri PERWAMKI (Pemimpin Redaksi tabloid Mitra Indonesia) dan Jonro I. Munthe, S.Sos (Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi NARWASTU) menyebut Margianto (mantan Sekretaris Umum PERWAMKI 2005-2008 dan kini Ketua Panitia Munas VI 2019) amat layak jadi ketua umum. “Dia salah satu pendiri dan orang lama di PERWAMKI. Saya tak ragukan kemampuannya memimpin PERWAMKI. Dia pekerja keras, dan layak jadi ketua umum,” ujar Jonro tentang figur Margianto yang merupakan Redaktur Pelaksana di tabloid Victorious itu. Dan Agus Panjaitan dari Majalah Spektrum yang kini Sekretaris Panitia Munas VI layak mendampingi Margianto di posisi sekretaris umum. “Kita berdoa agar PERWAMKI semakin mantap, dan terus diberkatiNya, dan selalu solid,” pungkas Jonro Munthe yang merupakan alumni IISIP Jakarta.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top