Megapolitan

Masyarakat Apresiasi KPU Jakpus Gelar Sosialisasi Bernuansa Betawi

Nasionalpos.com Jakarta – Komisi Pemilihan Umum Jakarta Pusat gencar melakukan sosialisasi mendekati waktu pelaksanaan pemilu pada 17 April nanti. Kali ini KPU Jakarta Pusat menggelar sosialisasi yang unik bernuansa Betawi.

Sosialisasi yang diisi dengan Pesta Rakyat dan Konser Musik bertema “Pemilih Berdaulat Negara Kuat “. Kegiatan yang dilaksanakan 23-24 Maret 2019 di  Tugu Ondel-ondel, Jl.Benyamin Sueb  Kemayoran terbilang sukses.

Dalam pantauan nasionalpos.com, jumlah pengunjung yang hadir membludak. Bahkan, pada hari kedua jumlah pengunjung mencapai ribuan orang. Mereka tak hanya datang dari wilayah Jakarta Pusat, tapi juga dari wilayah lain Ibukota. Seperti dari Jakut, Jakbar dan Jaktim. Seperti diungkapkan salah seorang pengunjung yang datang jauh dari Jaktim. “Iya, saya sama rombongan dari Pulogadung. Begitu dapat informasi dari kawan ada acara di sini, ya kita rame-rame datang. Sambil nonton konser kan lumayan bisa tau soal pemilu. Kayak gini dong sosialisasinya, jangan terlalu serius tapi pesannya bisa nyampe,” ujar seorang pemilih pemula bernama warga Pulogadung, Jaktim.

Senada dengan itu, pengunjung lainnya bahkan meminta acara serupa kembali digelar. Karena, dirasakan bermanfaat bagi masyarakat. “KPU harus bikin kayak gini lagi. Ini konsepnya efektif khususnya bagi anak-anak milenial. KPU wilayah lain contoh kayak gini ibi bikin sosialisasi,” celutuk Jerry, warga Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Sementara Musfir Dahlan, komisioner KPU Jakarta Pusat mengatakan lokasi tersebut dipilih karena Ondel-ondel merupakan  salah satu ikon budaya Betawi. Dimana, budaya Betawi merupakan budaya inti kota Jakarta sebagaimana tertera dalam perda no.4 tahun 2015 tentang pelestarian budaya Betawi dan pergub no.11 tahun tentang ikon budaya Betawi. “Kita mau angkat kearifan lokal menampilkan kesenian tradisional Betawi seperti palang pintu, gambang kromong, tari betawi, kuliner betawi  yang  dikolaborasikan dengan musik moderen,” kata Musfir.

Sebelum dimulainya acara Pesta Rakyat dan Konser Musik, terlebih dulu dilaksanakan deklarasi pemilu damai penandatangan prasasti  oleh peserta Pemilu 2019 tingkat kota Jakarta pusat,  menandai dimulainya Kampanye Rapat Umum atau terbuka 24 Maret 2019.

Pembacaan deklarasi dipimpin Imam Hidayat  Ketua Komisioner KPU Jakarta Pusat. Hadir pada acara tersebut diantaranya, Bawaslu Jakarta Pusat, Wakil Walikota Jakarta Pusat Irwandi, Polres Jakarta Pusat,  Kasdim Jakarta Pusat,  dan perwakilan Peserta Pemilu 2019.

Para perwakiulan kontestan pemilu  berkomitmen untuk melakukan kampanye rapat umum sesuai dengan ketentuan yang berlaku secara aman dan damai. Serta melakukan kampanye bermartabat, tanpa hoax, tanpa politisasi SARA dan politik uang, (rid)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top