Ekonomi

Memberdayakan konsumen, Strategi Jitu Sido Muncul Bertahan

Nasionalpos.com, Jakarta,–Bagi pengusaha seperti Irwan Hidayat, waktu 50 tahun bukanlah waktu yang sebentar. Selama 5 dekade itu banyak hal terjadi dalam bisnis yang dijalankannya. Menurut Direktur PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, Tbk itu, selama 50 tahun perjalanannya hingga Sido Muncul sebesar saat ini tidaklah selalu mulus. Pria yang telah berkecimpung di industri herbal sejak 1969 ini bahkan mengaku, pernah memiliki utang yang cukup besar kepada bank sekitar tahun 1972.

“Waktu itu nilai penjualan sekitar Rp 800 ribu per bulan. Punya utang di bank mencapai 46 juta, tapi ya bisa saya lewati dengan menciptakan program baru dan iklan,” cerita Irwan. Dengan berbagai usaha yang dilakukan, akhirnya dalam waktu satu bulan angka penjualannya naik menjadi Rp 12 juta dan selang 8 bulan kemuian hutangnya lunas. Meskipun bisa melewati titik tersebut, Irwan mengaku bahwa selama 20 tahun pertama dirinya memimpin Sido Muncul tidak ada kemajuan berarti.  Pentingnya kepercayaan Baru mulai tahun 1990-an, Irwan menyadari apa yang harus ia perbuat kepada Sido Muncul, yakni membangun kepercayaan.

“Sejak saat ini saya mulai berubah. Apa saja saya lakukan supaya menghasilkan sesuatu yang membuat orang percaya,” ceritanya, kepada pers, saat ditemui usai menghadiri acara lauching produk baru Sido Muncul di Jakarta, Selasa, 26/3/2019

Menurut dia, kepercayaan dari masyarakat dan konsumen adalah salah satu faktor penting dalam bisnis agar bisa terus bertahan. Irwan menambahkan, dalam bisnis obat herbal, seperti Sido Muncul terdapat berbagai macam cara yang dapat dilakukan untuk membangun kepercayaan masyarakat. Contohnya, dimulai dari proses produksi. Sebagai salah satu produsen jamu dan obat herbal terbesar di Indonesia, Sido Muncul selalu memastikan semua produknya aman dan halal untuk dikonsumsi. Untuk itu, mereka melakukan 5 tahap uji kualitas untuk setiap batch produksinya, yakni tes kandungan logam berat, tes pupuk, tes pestisida, tes aflatoksin, dan tes DNA. Tak hanya itu, kepercayaan masyarakat juga dapat diperoleh dengan cara lain, seperti iklan serta promosi pariwisata. Sido muncul pun rutin melakukan program-program sosial sebagai bagian dari corporate social responsibility (csr) mereka, seperti operasi katarak dan bibir sumbing gratis. Lebih lanjut, menurut Irwan, kepercayaan masyarakat bisa semakin meningkat lewat adanya penelitian-penelitian ilmiah yang relevan dengan produk-produknya.

Dari sekian jutaan orang pelanggan produk jamu Sido Muncul, yang sudah merasakan keunggulan produk Sido Muncul, salah seorang diantaranya, Hartini (66) mengatakan bahwa sudah puluhan tahun, ia menjadi salah seorang yang sangat merasakan manfaat produk jamu herbal Sido Muncul.

“Ya, produk jamu Sido Muncul, kualitasnya luar biasa, semakin hari makin meningkat, sejak saya masih gadis, sampai sekarang, saya selalu rutin menggunakan produk jamu dari sido muncul,”tuturnya, menurutnya, perusahaan jamu Sido muncul  bukan hanya menjual produk saja, tapi juga melayani dan memberdayakan ekonomi konsumen.

“Banyak lho,mas, konsumen Sido Muncul malah di berdayakan menjadi jaringan pemasaran Sido Muncul,”pungkas Hartini

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top