Ekonomi

Darmin Siapkan Rumus Penurunan Harga Tiket Pesawat

Nasionalpos.com, Jakarta – Pemerintah telah merumuskan sejumlah kebijakan guna membantu maskapai menurunkan harga tiket pesawat. Penurunan harga tiket pesawat berbiaya murah (Low Cost Carrier/LCC) melalui sejumlah kebijakan baru yang diharapkan dapat berdampak dalam sepekan ke depan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengklaim pihaknya telah merumuskan sejumlah kebijakan guna membantu maskapai menurunkan harga tiket pesawat. Kebijakan tersebut, menurut dia, merupakan kelanjutan dari penurunan tarif batas atas harga tiket pesawat sebesar 12-16 persen yang dilakukan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi beberapa waktu lalu untuk menurunkan harga tiket.

“Kami ingin merespons harapan masyarakat, tetapi juga tetap menjaga keberlangsungan industri penerbangan. Karena itu, tadi diambil kesimpulan untuk merumuskan kebijakan penurunan harga tiket penerbangandariLCC,” kata Darmin usai rapat koordinasi terkait harga tiket pesawat di Jakarta, Kamis (20/6/2019).

Menurutnya, saat ini terdapat beberapa kebijakan yang tengah difinalisasi pemerintah untuk membantu efisiensi biaya di industri penerbangan. Kebijakan tersebut, antara lain, menyangkut jasa persewaan, serta biaya perawatan dan perbaikan pesawat udara.

Darmin memastikan maskapai telah berkomitmen untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk tetap memperoleh harga tiket pesawat murah. Namun, menurut dia, kemungkinan hal tersebut tak dapat diwujudkan untuk seluruh rute penerbangan.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan pemerintah diharapkan dapat mendorong kebijakan tersebut.

“Seluruh pihak turut mendukung seperti AP1, AP 2, Airnav. Kita tunggu dalam satu minggu agar maskapai melakukan sesuai arahan Pak Menko,” katanya. (*)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top