Nasional

Pemerintah Jokowi Ma’ruf Amin,Minus Oposisi

 

Nasionalpos.com,Jakarta — Hampir dapat dipastikan dalam Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf ini akan minus oposisi. Menurut pengamat politik Adi Prayitno, hal itu akan memicu check and balances (pengawasan dan keseimbangan) di pemerintahan Jokowi jilid II akan tidak akan berjalan stabil.

“Check and balances tak akan berjalan stabil karena oposisi minus,” ungkap Adi Prayitno, Selasa (2/7/2019) saat ditanya tentang kemungkinan yang terjadi jika pemerintahan Jokowi berjalan tanpa oposisi.

Menurutnya,Saat ini partai koalisi oposisi yang sudah menyatakan sikap untuk konsisten di jalur oposisi hanya PKS, paska putusan MK. Sementara, PAN dan Demokrat telah lebih dahulu pasang dua kaki, antara menjadi pendukung pemenang pemilu atau tetap di kelompok oposisi.

“Soal oposisi dalam sistem negara demokrasi sebagai penyeimbang,dukungan kepada koalisi pemerintah tidak bisa dipaksakan” tukasnya.

Ia menegaskan adalah tugas pemerintah membuktikan bahwa kebijakan dan kebijaksanannya pantas untuk mendapat dukungan dan pula untuk menyusun peraturan yang susuai dengan nurani raktyat. Bukan peraturan yang menguntungkan kelompok pendukung, dan abai terhadap rakyat tak mendukung.

” Saat itulah kebijaksanaan pemerintah diuji”pungkas Adi Prayitno.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top