Top News

Enggar Mengaku Tak Kenal Penyuap Impor Bawang Putih

Nasionalpos.com, Jakarta – Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengaku tak mengenal para tersangka penyuap dalam kasus dugaan suap pengurusan kuota dan izin impor bawang putih.

“Enggak tahu, belum tahu. Kalau ada nama-nama itu pasti tidak akan dapat izin dan di-blacklist, pasti. Tapi lihat dulu perkembangannya,” kata Enggar di Jakarta, Jumat (9/8/2019).

Namun Enggar mengakui jika proses perizinan impor menjadi kewenangan pihaknya. Tiap proses perizinan itu akan diajukan dalam rapat koordinasi dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Sepanjang perizinan itu memenuhi syarat, lanjut Enggar, maka tentu isinnya akan diberikan. Karena itu, mestinya tak perlu sampai memberi suap demi melancarkan proses perizinan.

“Asal memenuhi syarat, kan begitu ada rekomendasi, lakukan dengan benar. Ngapain nyuruh orang (suap),” pungkasnya.

Sebelumnya, KPK membekuk Nyoman Dhamantra di Bandara Soekarno-Hatta. Nyoman Dhamantra ditangkap di bandara setibanya dari Bali menghadiri Kongres PDI-P.

Diketahui, PDIP menggelar Kongres ke-V di Bali mulai Kamis hari ini hingga Sabtu (8-10/8/2019).

“Iya, tadi yang bersangkutan dijemput dari Bandara Soekarno-Hatta diduga penerbangan dari Bali menuju Jakarta. Dia anggota DPR RI di komisi enam karena kita tahu komisi enam terkait dengan subjek pokok perkara,” jela Juru Bucara KPK Febri Diansyah KPK, Jakarta, Kamis (8/8/2019).

Penangkapan Nyoman Dhamantra diduga terkait impor bawang putih. Beberapa saat sebelumnya, KPK juga melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap 11 orang diduga terkait impor bawang putih. KPK menyita bukti transfer sebesar Rp2 miliar.

Soal penangkapan Nyoman Dhamantra diungkapkan Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata. Sebelumnya, pihaknya telah menangkap 11 orang sejak Rabu (7/8/2019) malam hingga Kamis (8/8/2019) dini hari. ( )

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top