Headline

IAW Minta Jaksa Agung Jadi Teladan Bagi Anggota Kabinet Jokowi

ST Burhanuddin, Jaksa Agung

Nasionalpos.com, Jakarta – Direktur Indonesia Attorney Watch Ridwan Umar meminta Jaksa Agung, ST Burhanuddin dapat menjadi teladan yang baik kepada anggota kabinet Indonesia Maju. Caranya dengan segera melaporkan harta kekayannya kepada Komisi Pemberantasan korupsi (KPK).

“Pak ST Burhanuddin selaku Jaksa Agung selayaknya menjadi teladan yang baik bagi seluruh aparat pemerintah khususnya bagi anggota Kabinet Indonesia Maju. Langkah pertama adalah dengan segera melaporkan harta kekayaanya kepada KPK,” ujar Ridwan di Jakarta, Jumat (25/3/2019).

Direktur Indonesia Attorney Watch (IAW), Ridwan Umar,

Menurut Ridwan, Jaksa Agung tentu sangat memahami tugas utamanya melawan praktik korupsi. Karena itu, Jaksa Agung harus memulai dari dirinya. “Kejaksaan sebagai institusi penegak hukum harus bersih. Kalau mau berantas korupsi, tentu harus mulai dari diri sendiri. Bagaimana mau bersihkan lantai dengan sapu kotor?. Jadi, sapunya harus bersih dulu,” lanjut Ridwan.

Sebelumnya, KPK mengimbau menteri Kabinet Indonesia Maju segera melaporkan harta kekayaan sebagai penyelenggara negara.

“Sebagai bagian dari tindakan pencegahan korupsi, maka KPK mengimbau para Menteri untuk segera melaporkan LHKPN ke KPK,” kata Febri kepada wartawan, Kamis (14/10/2019).

Menurut Febri, menteri yang sebelumnya bukan penyelenggara negara itu wajib melaporkan harta kekayaan dalam jangka waktu tiga bulan setelah menjabat.

“Bagi menteri yang tidak menjadi Penyelenggara Negara sebelumnya atau baru menjabat, maka pelaporan LHKPN dilakukan dalam jangka waktu 3 bulan setelah menjabat,” jelasnya.

Pelaporan harta kekayaan tersebut juga berlaku bagi menteri yang tidak lagi menjadi penyelenggara negara. Mereka juga diwajibkan melaporkan harta kekayaan paling lambat dalam waktu tiga bulan setelah menjabat.

“Bagi mantan menteri Kabinet Kerja sebelumnya yang tidak lagi menjadi penyelenggara negara, maka diwajibkan melaporkan kekayaan setelah selesai menjabat dalam jangka waktu 3 bulan,” ujarnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top