Headline

Pemuda Utara Apresiasi Pemkot Jakut Terkait Penataan Sunter

Aktivis Pemuda Utara minta Stop provokasi penataan Sunter yang sudah sesuai prosedur

Nasionaslpos.com, Jakarta – Pemuda Utara menilai langkah penataan yang dilakukan Pemkot Jakarta Utara di wilayah sekitar Sunter Jaya sudah tepat. Hal itu untuk menjawab keinginan Warga Ibukota khususnya yang bermukim di Jakarta Utara agar Jakarta bersih dan manusiawi.

Aktivis Pemuda Utara, Dudi Anjung. S menyatakan langkah penataan yang dilakukan Pemkot Jakut di Seunter Jaya tepatnya sekitar Danau Sunter itu sudah tepat. Dudi juga menilai penatan itu sudah sesuai tahapan atau prosedur.

“Langkah penataan di Sunter itu kami amati sejak awal dan sudah sesuai prosedur. Kami berharap langkah penataan yang dilakukan Pemkot Jakut ini bisa diikuti oleh Pemkot wilayah lain di Jakarta. Kami apresiasi penanganan penataan yang dilakukan Pemkot Jakut,” ujar Dudi kepada wartawan di Jakarta, Minggu (23/11/2019).

Aktivis Pemuda Utara, Dudi Anjung. S

Dudi membeberkan, berdasarkan pengamatannya langsung di lapangan, sebelum dilakukan penataan, Pemkot melalui jajarannya di bawah mulai tingkat kecamatan sampai kelurahan sudah melakukan sosialisasi yang dilakukan pada September 2019 lalu.

Alhasil, pembongkaran bangunan liar berjalan damai. Warga dibantu petugas Penanganan Prasaran dan Sarana Umum (PPSU) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) membongkar bangunannya. Bahkan, selama penataan berlangsung, Pemkot Jakut mendirikan Posko Teroadu untuk melayani dan memfasilitasi warga yang ingin pindah ke Rusun Marunda.

Informasi yang diperoleh, lanjut Dudi, penataan sekitar Danau Sunter akan dilanjutkan dengan membangun jogging track di sepanjang jalan inspeksi Danau Sunter dan pengembalian fungsi saluran yang terintegrasi dengan Danau Sunter.

“Kami beri apresiasi kepada Pemkot Jakut terkait penataan di Sunter, karena kami paham bahwa tujuan penataan mengembalikan fungsi saluran dan jalan yang selama ini diduduki pengusaha barang bekas, Mosok di atas kali didirikan bangunan untuk nampung barang bekas, ini kan jelas melanggar. Mereka selama ini sudah meraup untung besar dari dagang barang bekas, kok sekarang mereka ngoto gak mau ditertibkan. Kami duga pihak yang menyewakan bangunan liar itu memprovokasi warga lainnya untuk ‘melawan’. Kami Pemuda Utara tegaskan tak akan tinggal diam jika ada provokator yang ambil keuntungan pribadi. Ini negara hukum, semua harus taat pada hukum,” tegas Dudi.

Senada dengan itu, Erwin Suwarno yang juga aktivis Pemuda Utara menegaskan pihaknya bersikap obyektif dalam menyikapi permasalahan sosial di Jakut. Termasuk soal  pembenahan dan penataan tata ruang kota yang dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta dan jajaran pemerintahannya.

“Pemuda Utara berani bersikap jelas, katakan yg benar adalah benar dan yang salah katakan salah. Sikap ini obyektif karena didasarakan padai data yang akurat dan fakta di lapangan, seperti contoh permasalahan yang ada dikawasan Sunter yang diagendakan sebagai pemulihan dan memfungsikan kembali saluran, drainase selokan atau kali untuk penataan kota agar sesuai program untuk memajukan Ibukota khususnya Jakarta Utara,” jelasnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top