Ekonomi

Utang Numpuk, Bulog Jual Beras ke TNI/Polri dan ASN

Nasionalpos.com, Jakarta – Perum Bulog akan menjual beras ke sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN), TNI, Polri hingga Aparatur Sipil Negara (ASN). Langkah itu ditempuh untuk mengatasi beban utang yang harus dibayar mencapai puluhan triliun rupiah.

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso ayau akrab disapa Buwas menjelaskan, terhitung hingga September 2019, perusahaan plat merah yang dipimpinnya masih memiliki utang atau pinjaman yang harus diselesaikan sebesar Rp28 triliun untuk pengadaan sejumlah komoditas, termasuk beras.

“Ini solusi bagaimana kita atasi itu. Jadi saya sampaikan, tidak boleh kita salahkan utang. Sekarang kita bicara komersial yang selanjutnya 50:50,” ujar Buwas di Gudang Bulog Jakarta, Selasa (26/11/2019).

Buwas mengungkapkan,  saat ini porsi pendapatan Bulog masih didominasi dari penugasan pemerintah sebesar 80 persen, sementara kinerja komersial atau bisnis hanya 20 persen.

Lantaran itulah, sejak Oktober 2919 Bulog telah menjual 25.000 paket beras untuk karyawan BNI di seluruh Indonesia. Paket yang dijual tersebut merupakan Paket Natura sebanyak 7 kg beras per karyawan dengan rincian 5 kg beras premium dan 2 kg beras merah yang diproduksi langsung oleh Bulog.

Ada pun harga paket yang dijual Bulog kepada BNI senilai Rp150.000 per paket. Artinya, dalam dua bulan ini Bulog telah menjual 50.000 paket senilai Rp7,5 miliar.

Selanjutnya,  Bulog akan menjual beras sebanyak 40.000 paket untuk karyawan BNI di wilayah Jakarta. Selain itu, Bulog juga membuka penjualan beras kepada perusahaan swasta.

Buwas menyatakan  penjualan beras ke perusahaan dan kementerian/lembaga tersebut diharapkan meningkatkan pendapatan komersial, di samping pendapatan dari penugasan yang diberikan pemerintah. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top