Headline

Polri Larang Kegiatan Perayaan HUT OPM

Nasionalpos.com Jakarta –  Polri menegaskan larangan perayaan jelang HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM), 1 Desember mendatang.

“Kapolda Papua sudah menyampaikan tidak ada kegiatan-kegiatan yang bersifat perayaan,” tegas Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Polri Kombes Asep Adi Saputra kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (27/11/2019).

Asep menyatakan, sejauh ini kondisi di Papua masih kondusif. Sehingga, belum ada pengamanan khusus yang akan dilakukan.

Karena itu, Mabes Polri belum mengirimkan tambahan personel untuk bersiaga di Bumi Cenderawasih.

“Papua kondusif. Kekuatan hanya yang ada di (Polda) Papua saja,” katanya.

Untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan, lanjut Asep, maka pihaknya tetap melakukan pengawasan dan penjagaan terhadap sejumlah pekerja tambang di Papua. Hal itu untuk menjaga agar sejumlah insiden masa lalu jelang HUT OPM tidak terulang.

Sebelumnya, Karo Penmas Mabes Polri Brigadir Jenderal Argo Yuwono menyatakan, menjelang HUT OPM, pihak kepolisian melakukan pemetaan terhadap daerah rawan konflik di Papua.

Langkah itu dilakukan untuk menentukan perlu tidaknya penambahan pasukan dari luar Polda Papua untuk melakukan pengamanan di sana.

“Seperti apa kerawanannya, daerah mana, apa kerawanannya, kerawanannya seperti apa, masih diidentifikasi oleh intelijen,” kata Argo kepada wartawan saat ditemui di Jakarta, Jumat (22/11/2019) lalu.

Untuk itu, Polda Papua akan mengerahkan 1.300 personel. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top