Ekonomi

Erick Minta BUMN Waspada Virus Corona

Nasionalpos.com, Jakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir jajaran di BUMN meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran virus corona. Permintan itu secara khusus disampaikan ada BUMN yang melakukan pelayanan publik.

Hal tersebut disampaikan Erick melalui surat edaran dengan Nomor SE-1/MBU/03/2020 tentang Kewaspadaan Terhadap Penyebaran Covid-19.

“Surat edaran ini adalah untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran Covid-19 dengan tetap menjaga stabilitas operasional bisnis BUMN,” tulis Erick dalam surat edarannya,  Selasa (3/3/2020).

Menurut Erick, langkah kewaspadaan pada internal BUMN dan secara khusus pada perusahaan pelat merah yang memberikan pelayanan publik. Dalam hal ini, terdapat empat langkah kewaspadaan terhadap penyebaran Covid-19 di internal BUMN.

Pertama, menjaga sanitasi lingkungan kerja dan menyediakan alat pelindung diri dan fasilitas kesehatan lainnya.

Kedua, meningkatkan sosialisasi dan edukasi pencegahan Covid-19 guna memberikan rasa aman kepada seluruh karyawan.

Ketiga, meningkatkan pengawasan, pemeriksaan, dan pemantauan di wilayah kerja BUMN terhadap penyebaran Covid-19. Keempat, memfasilitasi penanggulangan terhadap karyawan yang terduga korban Covid-19.

“Kementerian BUMN sebagai institusi terkait, perlu untuk menetapkan surat edaran kepada seluruh BUMN sebagai bentuk kewaspadaan dan upaya melindungi pegawai dan juga masyarakat,” imbuhnya.

Adapun langkah kewaspadaan penyebaran virus corona bagi perusahaan pelat merah yang memberikan layanan publik. Ia meminta BUMN tersebut memperkuat koordinasi dengan kementerian dan lembaga lainnya, pemerintah daerah, rumah sakit dan institusi di luar pemerintah.

Koordinasi itu dilakukan untuk pencegahan maupun penanganan pelanggan yang terduga terinfeksi virus corona.

Bagi BUMN yang memiliki layanan rumah sakit, ia meminta agar perusahaan menyediakan crisis centre dan menyiapkan ruang isolasi selama wabah mematikan itu berlangsung.

Untuk BUMN farmasi agar menjaga stabilitas harga alat pelindung diri, cairan antiseptik, dan alat-alat sanitasi.

“Kepada BUMN pangan agar mempertahankan ketersediaan stok pangan dan bahan pokok. Mereka juga diimbau menjaga penyaluran bahan pokok selama wabah berlangsung,” pungkasnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top