Headline

Jumlah Kasus Corona di Indonesia Menjadi 172 Orang

Juru Bicara penanganan Corona Achmad Yurianto

Nasionalpos.com, Jakarta – Juru Bicara penanganan Corona Achmad Yurianto mengumumkan jumlah pasien positif corona di Indonesia bertambah menjadi 172 orang. Dari jumlah tersebut, terbanyak berasal dari wilayah DKI Jakarta.

Menurut Yuri, hingga tanggal 15 Maret 2020, jumlah pasien positif corona sebanyak 134 orang. Jumlah pasien bertambah sebanyak 12 kasus sehingga menjadi 146 kasus.

“Hingga tanggal 16 pagi sampai malam ada kasus baru 20, dari pemeriksaan spesimen dan ditambah enam orang. Sehingga total 172 kasus. Sejak tanggal 15 Maret hingga 17 Maret, total ada kenaikan 38 penambahan kasus baru.,” jelas Yuri saat jumpa pers di Kantor BNPB, Selasa (17/3/2020).

Menurutnya,  dari 172 kasus itu, tidak ada penambahan jumlah korban meninggal. Sehingga, kasus meninggal masih lima orang,

Adapun kondisi pasien yang dirawat secara umum membaik. Dari awal sudah ada sembilan sembuh dan dinyatakan bisa pulang, dan ada beberapa orang yang menunggu pemeriksaan kedua..

“Paling banyak DKI bahwa pintu gerbang masuk, di DKI besar mobilitas penduduk tinggi dan kemungkinan terjadinya kontak besar,” ujarnya.

Yuri menerangkan, penambahan kasus terbanyak dari wilayah DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Kepulauan Riau.

Lebih lanjut Yuri mengaku bahwa jumlah pasien kemungkinan akan bertambah. Karena terus di laksanakan tracing, dan edukasi ke masyarakat.”Masyarakat harus waspada, beberapa yang merasa kontak dengan kasus positif, melaksanakan pemeriksaan ke RS,” ujarnya.

Upaya lain yang sudah dilakukan pemerintah, lanjut Yuri, adalah mensosialisasikan ketentuan isolasi di rumah kepada masyarakat

“Isolasi rumah bukan sesuatu yang sulit, namun membutuhkan komitmen kuat dari pasien dan keluarga. Harus menggunakan masker, menjaga jarak,” katanya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top