Headline

Pemprov DKI Akan Kucurkan Dana Bansos Untuk Warga Rentan Miskin Akibat Corona

Nasionalpos.com, Jakarta – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Kementerian Sosial menyiapkan dana bantuan sosial (bansos) sebesar Rp4,57 triliun rupiah untuk 2,6 juta warga rentan miskin di Jakarta. Dana tersebut akan digulirkan  untuk bulan April dan Mei 2020.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan dengan dana sebesar itu, maka setiap orang atau keluarga rentan miskin akan menerima Rp880 ribu,

“Nilai tepatnya, jumlah orangnya, targetnya 2,6 juta. Bansosnya Rp880 ribu selama dua bulan, April dan Mei, sehingga nilai totalnya adalah Rp4,57 triliun,” kata Anies saat memberikan laporan kepada Wakil Presiden Ma’ruf Amin terkait perkembangan kasus virus corona, secara teleconference, Kamis (2/4/2020).

Anies menjelaskan adapun warga rentan miskin dimaksud adalah mereka yang kehilangan pemasukan rutinnya akibat wabah virus corona. Seperti pedagang kaki lima, tukang ojek, dan tukang bakso.

“Mereka selama ini ada pendapatan tapi begitu ekonomi alami kontraksi, mereka langsung kehilangan pendapatan,” jelas Anies.

Penyaluran bantuan tersebut, lanjut Anies masih menunggu kelengkapan data.

Untuk itu, Pemprov DKI, Kemensos, dan Kementerian Kemaritiman dan Investasi tengah memastikan data orang-orang rentan miskin di DKI yang berhak menerima bansos tersebut.

Lebih lanjut Anies menjelaskan bahwa ada 3,7 juta orang miskin dan rentan miskin di ibu kota yang menerima bantuan sosial. Karena itu, selain 2,6 juta warga rentan miskin itu, pihaknya telah mengucurkan bantuan sosial kepada 1,1 juta warga miskin ibu kota. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top