Ekonomi

Pemerintah Pastikan Stok Pangan Aman Hingga Idul Fitri

Nasionalpos.com, Jakarta – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) memastikan stok pangan nasional aman hingga Idul Fitri. SYL mengungkapkan   neraca pangan di tengah pandemi Covid-19 dan masa jelang bulan Ramadan ini dilaporkan terkendali.

“Neraca kita dalam posisi aman. Kita berharap distribusinya lancar di seluruh Indonesia. Jadi, saya berharap semua bisa tenang menjalani bulan suci Ramadhan nanti,” terang SYL dalam kunjungan ke Pasar Mitra Tani Bogor pada Selasa (14/4/2020),

SYL juga memastikan stok pangan aman sampai Idul Fitri mendatang. Keyakinan itu karena akan ada panen besar dalam waktu dekat ini.

“Bahkan April-Mei akan ada panen besar. Selesai panen percepat tanam untuk mengantisipasi berbagai tantangan yang ada,” katanya.

Sebelumnya, Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso menyatakan stok beras dan kebutuhan pokok lainnya mencukupi di tengah wabah virus corona (Covid-19). Hal itu disampaikan Buwas dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Bulog bersama Komisi IV DPR RI pada Kamis (9/4/2020).

“Menghadapi situasi yang sulit di tengah ancaman pandemi Covid-19 saat ini dapat kami sampaikan bahwa posisi stok beras masih sangat mencukupi kebutuhan penyaluran yaitu sebesar 1,44 juta ton beras yang tersebar di seluruh Indonesia per tanggal 9 April 2020,” jelas Buwas dalam rapat yang dipimpin Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin,

Lebih jauh, Buwas juga menjelaskan ketersediaan pangan pokok lainnya yang dimiliki Bulog untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.  “Pangan lainnya per tanggal 9 April 2020 dapat kami sampaikan posisi stok gula yang ada di Perum Bulog mencapai sebesar 5.068 ton dan akan masih terus dilakukan pengadaan guna mencukupi kebutuhan gula kepada masyarakat,” terangnya.

“Daging kerbau sebanyak 113 ton, minyak goreng sebanyak 781 kilo liter serta tepung terigu sebanyak 614 ton,” imbuhnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top