Headline

Anggaran Manasik Haji Dipangkas Untuk Bantu Atasi Pandemi Covid-19

Nasionalpos.com, Jakarta  – Kementerian Agama (Kemenag) mengalokasikan anggaran penyelenggaraan manasik haji tahun 2020 untuk membantu mengatasi pandemic Covid-19.Manasik haji fisik diganti secara daring (online).

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag, Nizar Ali menyatakan realokasi itu merupakan tindak lanjut dari persetujuan antara Komisi VIII DPR RI dan Kemenag soal pengalihan dana haji dari APBN dalam rapat kerja, Rabu (15/4/2020).

“DPR sudah setuju untuk melakukan realokasi anggaran pelaksanaan manasik haji secara tatap muka, menjadi metode bimsik pembelajaran jarak jauh dan secara online,” ungkap Nizar dalam keterangan resminya, Jumat (17/4/2020).

Namun begitu, Nizar tak merinci jumlah anggaran manasik yang direalokasikan ke manasik daring.

Nizar hanya menyatakan kebijakan realokasi anggaran manasik haji itu sudah sesuai dengan kebijakan Kementerian Agama untuk melaksanakan bimbingan manasik (Bimsik) secara daring.

Untuk itu, lanjut Nizar, anggarannya akan digunakan untuk pengadaan fasilitas penunjang bagi para calon jamaah haji saat mengikuti manasik online tersebut.  “Contohnya untuk fasilitas internet bagi jemaah haji,” jelas Nizar.

Menurtnya, inovasi bimbingan manasik secara daring menjadi satu-satunya pilihan di tengah pandemi Covid-19. Apalagi jadwal pemberangkatan jemaah haji 2020/1441 H semakin dekat.

Selain itu, pihaknya juga tengah menjajaki kerja sama dengan media televisi dan radio nasional untuk menyiarkan bimbingan manasik daring tersebut.

“Jadi bagi jemaah yang daerahnya tidak memiliki jaringan internet, informasi tentang manasik haji ini kita harap dapat diperoleh melalui siaran radio atau televisi,” pungkasnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top