Headline

DPR Tak Masalah Aksi Tolak Omnibus Law Asal Ikut Protokol Kesehatan

Nasionalpos.com, Jakarta – DPR RI meminta  kepada para buruh untuk mengikuti protokol kesehatan bila benar-benar akan menggelar aksi demo. Hal itu menyikapi rencana aksi puluhan ribu massa buruh yang menolak pembahasan omnibus law RUU Ciptaker. Aksi dijadwalkan akan digelar pada 30 April 2020 nanti.

Ketua Badan Legislasi DPR RI, Supratman Andi Agtas, meski ada ancaman aksi massa buruh, namun pihaknya akan tetap melanjutkan pembahasan omnibus law RUU Ciptakerja.

Menurutnya, aksi atau unjukras merupakan hak setiap warga negara untuk menyampaian aspirasi. Namun begitu, pihaknya berpesan agar para buruh untuk mengikuti protokol kesehatan bila benar-benar akan menggelar aksi demo.

“Itu hak masyarakat untuk berserikat. Namun kita juga harus patuhi mekanismenya dalam menyampaikan pendapat tersebut. Terlebih saat ini ada PSBB (pembatasan sosial berskala besar), maka itu juga harus dipenuhi mekanismenya,” kata Supratman lewat keterangan tertulisnya, Minggu (19/4/2020).

Supratman mengklaim pihaknya dan pemerintah terus menjalin komunikasi dengan semua pihak, termasuk pada buruh untuk mendapatkan masukan, khususnya kluster yang disoroti para buruh.

Politisi Gerindra ini berpandangan, pembahasan di DPR justru akan membuka sikap ketegasan dari masing-masing fraksi dalam menangapi omnibus usulan pemerintah itu.

“Nanti akan ketahuan mana saja fraksi-fraksi yang benar-benar memperjuangkan hak-hak buruh. Kalau sekarang kan masih awal, DIM saja belum ada. Nah kalau tak ada DIM, lalu apa yang mau dibahas?” pungkasnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top