Headline

Pegiat Anti Korupsi Masuk Tim Saber Pungli Menkopolhukam

Zainal Arifin Mochtar

Nasionalpos.com, Jakarta –  Sebanyak lima orang akademisi dan peguat anti korupsi ditunjuk dalam tim ahli Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) yang dibentuk Menko Polhukam Mahfud Md.

Mahfud mengakui, Tim Saber Pungli akan hadir dan mengawasi pembagian bantuan sosial bagi keluarga penerima manfaat akibat pandemi Corona (COVID-19).

“Berdasarkan Surat Keputusan Menko Polhukam, kami sudah mulai bekerja,” ujar Mahfud dalam keterangan tertulis yang diunggah di laman resmi Kementerian polkam.go.id pada Kamis (23/4/2020)  April 2020.

Lima tenaga ahli Tim Saber Pungli yang baru itu adalah Suparman Marzuki dari Universitas Islam Indonesia, Rhenald Kasali dan Imam B Prasodjo juga dari Universitas Indonesia, Zainal Arifin Mochtar dari Universitas Gadjah Mada, dan Feri Amsyari dari Univesitas Andalas.

Mahfud dalam Tim Saber Pungli sebagai pengendali dan penanggungjawab, sekaligus untuk menyelaraskan tugas Satgas Saber Pungli 2020 Pusat dan daerah di tengah pandemi COVID-19.

Sementara Ketua Pelaksana Satgas Saber Pungli dijabat Komjen Moechgiyarto akan menindaklanjuti arahan Mahfud itu seperti diantaranya menyempurnakan struktur organisasi hingga ke daerah.

Mahfud menyatakan pengawasan dilakukan memastikan program bantuan pemerintah tersebut berjalan sesuai sistem dan tidak diselewengkan. Jika terjadi penyelewengan, masyarakat diminta untuk melaporkan ke Satgas Saber Pungli.

“Bila ada penyelewengan, silakan mengadu ke Satgas Saber Pungli untuk ditindaklanjuti,” kata Mahfud.

Menurutnya, aduan tersebut bisa disampaikan lewat telepon, email, SMS, atau datang langsung ke posko saber pungli. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top