Headline

AP II Siap Tes Corona, Sebanyak 1.300 Penumpang Luar Negeri Tiba di Bandara Soetta

Nasionalpos.com, Jakarta – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memerintahkan PT Angkasa Pura II (AP II) untuk mengambil alih tugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kementerian Kesehatan. Kebijakan itu menyusul  kedatangan 1.300 penumpang dari luar negeri yang tiba di Bandara Internasional Seokarno-Hatta (Soetta),

“Tadi pagi saya ratas dengan Presiden, satu usulan yang saya sampaikan ke Presiden dan ratas bahwa hari ini akan datang 1.300 orang dari luar negeri di antaranya pekerja-pekerja. Seluruh penumpang itu diangkut dalam tujuh penerbangan,” kata Menhub Budi Karya Sumadi dalam rapat kerja virtual dengan Komisi V DPR di Jakarta, Senin (11/5/2020).

Untuk itu, Menhub melalui Kementerian BUMN telah memerintahkan AP II untuk membantu KKP dalam memeriksakan kesehatan para penumpang agar tidak terjadi penumpukan.

“Kita punya pengalaman tanggal 7 Mei yang akhirnya jadi masalah, kami sudah inventarisasi petugas-petugas soal kesehatan benar adanya hanya satu sampai dua orang (KKP). Oleh karenanya, saya minta ke AP II melalui Kementerian BUMN, kami juga minta ke KKP, jadi kami menugaskan AP II untuk mengambil alih karena tugas Kemenkes ini banyak sekali,” jelasnya.

Budi mengaku melakukan pengecekan via telepon kepada AP II setiap lima jam untuk melaporkan apa yang terjadi di Bandara Soetta.

Diapun meminta seluruh personel yang bertugas di simpul-simpul transportasi untuk melakukan perbaikan dalam pengawasan. “Semua bandara, terminal, stasiun masing-masing operator melakukan ‘self-correction’ perbaikan apa yang harus ditingkatkan,” jelasnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top