Ekonomi

Pemerintah : Pekerja Dibawah 45 Tahun Boleh Bekerja Ditengah Pandemi Covid-19

Nasionalpos.com, Jakarta – Pemerintah tengah mengkaji aturan para pekerja pada kelompok muda usia di bawah 45 tahun untuk tetap bekerja di tengah pandemi Covid-19 (Virus Corona). Tujuannya untuk menekan potensi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) warga yang terdampak corona.

“Kelompok ini tentu kita beri ruang untuk bisa aktivitas lebih banyak lagi sehingga potensi terkapar karena PHK bisa kami kurangi,” kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo dalam jumpa pers melalui siaran langsung akun Instagram Sekretariat Kabinet, Senin (11/5/2020).

Menurutnya, kelompok usia di bawah 45 tahun ini tak rentan terpapar corona. Dia menilai, secara fisik kelompok yang berusia di bawah 45 tahun sehat dan memiliki mobilitas tinggi. 

Fatanya, sngka kematian akibat corona dari kelompok usia di bawah 45 tahun ini hanya 15 persen. Sementara angka kematian tertinggi 45 persen dari kelompok usia 60 tahun ke atas.

“Kelompok muda usia di bawah 45 tahun mereka adalah secara fisik sehat, punya mobilitas tinggi, dan rata-rata kalau toh terpapar belum tentu sakit. Mereka tidak ada gejala,” jelasnya.

Namun, untuk warga yang berusia 46 tahun ke atas tetap diminta untuk menjaga diri agar tak tertular corona. Sebab, kelompok usia 46 sampai 59 tahun ini memiliki kondisi kormobid atau penyakit penyerta di antaranya hipertensi, diabetes, jantung, hingga penyakit paru obstraksi kronis. Untuk itu mereka tetap diminta di rumah, mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak.

Untuk itu, lanjut Doni, saat ini gugus tugas tengah menyusun skenario untuk menjaga agar masyarakat tidak terpapar virus corona dan juga tidak terdampak PHK. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top