Headline

Selidiki Menlu, Pejabat Deplu AS Dipecat

NasionalPos.com, Jakarta – Presiden Amerika Serikat Donald Trump memecat seorang pejabat Departemen Luar Negeri Steve Linick. Lincik merupakan pejabat kementerian yang sedang melakukan penyelidikan terhadap Menteri Luar Negeri Mike Pompeo.

Seorang pejabat senior kementerian mengonfirmasi kabar pemecatan Linick pada Jumat (15/5). Tidak diketahui secara jelas alasan pemecatan pejabat yang ditunjuk oleh Mantan Presiden Barack Obama sejak 2013 itu.

Anggota parlemen Demokrat menuduh Trump melakukan tindakan yang berpotensi ilegal atas pemecatan sepihak Linick.

Dewan Komite Urusan Luar Negeri, Eliot Engel mengatakan ia mengetahui bahwa Linick tengah melakukan penyelidikan terhadap Pompeo.

“Pemecatan terhadap Linick di tengah proses penyelidikan menunjukkan bahwa ini merupakan tindakan pembalasan yang melanggar hukum,” ujar Engel dalam sebuah pernyataan seperti mengutip AFP.

Seorang anggota Kongres dari Partai Demokrat yang enggan mengungkapkan identitasnya mengatakan jika Linick saat ini sedang melakukan penyelidikan dugaan penyalahgunaan seorang pejabat politik yang melakukan tugas-tugas pribadi untuk Pompeo dan istrinya.

Pompeo dicurigai lantaran sering bepergian keliling dunia bersama istrinya, Susan Pompeo yang tidak memiliki peran resmi menggunakan pesawat dinas.

Dilansir Associated Press, Linick kabarnya akan digantikan oleh Stephen Akard, mantan pejabat luar negeri yang memiliki kedekatan dengan Wakil Presiden Mike Pence. Akard kini bertugas di kantor Departemen Misi Luar Negeri dan menjadi kandidat kuat Direktur Jenderal Departemen Luar Negeri sebelum ditarik kembali lantaran masih minim pengalaman.

Lincik merupakan seorang mantan jaksa penuntut umum di California dan Virginia yang telah mengawasi laporan-laporan umum atas kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintahan Trump. Ia juga kerap mengkritik beberapa orang yang ditunjuk Trump. (CNN Indonesia)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top