Headline

KPU Klaim Data DPT Yang Bocor Bukan Dari Situs KPU

Porosberita.com, Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) klaim data daftar pemilih tetap (DPT) yang bocor di media sosial bukan dari hasil peretasan situs KPU.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum Viryan Aziz menduga data yang bocor tersebut berasal dari pihak ketiga. Sebab, data DPT memang wajib diserahkan KPU  kepada pihak ketigas, sesuai ketentuan Undang-Undang Nomor 8 tahun 2012 Pasal 38 Ayat 5.

UU tersebut menyebutkan, KPU mulai dari tingkat kabupaten/kota, provinsi, hingga nasional wajib memberikan salinan DPT kepada partai politik peserta pemilu, Bawaslu, dan pemerintah dalam bentuk salinan soft copy atau cakram padat yang formatnya tidak bisa diubah.

“Meskipun itu data lama dan bukan dari KPU RI, tapi dari formatnya dimungkinkan data yang diterima pihak eksternal,” ujar Viryan dalam konferensi pers virtual, Jumat (22/5/2020).

Viryan pun mengaku kasusnya telah diserahkan KPU ke pihak kepolisian, Untuk itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan unit cybercrime Mabes Polri dan Badan Siber dan Sandi Negara untuk mencari pelaku penyebar DPT tersebut.

“Data yang bocor itu merupakan DPT Pemilu 2014, bukan DPT Pemilu 2019,” katanya.

Sebelumnya, akun Twitter @underthebreach mengunggah tangkapan layar dari salah satu situs yang mengklaim memiliki data daftar pemilih tetap pemilu 2014.

Pelaku mengaku telah meretas data KPU pada Kamis (21/5/2020), Data yang dibobol adalah 2,3 juta data kependudukan Indonesia dan pemilihan umum.

Postingan yang tampil, disertai foto berisi 3 tangakapan layar. Gambar pertama yaitu tangkapan layar disebuah forum di dark web, tangkapan DPT KPU, dan tangkapan layar yang berisikan folder nama-nama kota di Jawa Tengah.

“Aktor membocorkan informasi tentang 2.300.000 warga Indonesia. Data termasuk nama, alamat, nomor ID, tanggal lahir, dan banyak lagi,” tulis akun tersebut.

Tak hanya itu, peretas juga mengklaim akan membocorkan 200 juta data lainnya. Dalam cuitannya, @underthebreach mengunggah foto tangkapan layar dari sebuah forum peretas yang memperlihatkan folder data daftar pemilih tetap untuk pemilihan legislatif 2014 asal berbagai kecamatan di Provinsi DIY. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top