Headline

Komnas HAM Minta Polisi Tangkap Pelaku Teror Panitia Diskusi FH UGM

NasionalPos.com, Jakarta – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) meminta polisi menangkap para pelaku teror terhadap panitia maupun narasumber diskusi yang batal digelar oleh mahasiswa Constitusional Law Society (CLS) Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM).

Komnas HAM menegaskan teror tersebut bertentangan dengan kebebasan berserikat dan berpendapat sebagaimana tertuang dalam UUD 1945 UUD 1945 Pasal 28E Ayat 3. Ayat tersebut mengatakan bahwa setiap orang berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat.

“Meminta kepada Kapolri memerintahkan Kapolda DIY untuk mengusut dan menangkap pelaku teror dan pengancaman terhadap panitia diskusi di Fakultas Hukum Universitas Gajah Mada. Penting dilakukan supaya tindak pidana serius seperti itu tidak terulang kembali,”  kata Komisioner Komnas HAM Amiruddin, Sabtu (30/5/2020).

Selain itu, Komnas HAM juga mengecam tindakan teror yang diterima oleh panitia maupun narasumber diskusi tersebut. “Mengecam keras tindakan teror, intimidasi dan ancaman kekerasan terhadap kawan-kawan jurnalis yang sedang bertugas maupun semua panitia dan narasumber diskusi di Fakultas Hukum Universitas Gajah Mada.”

Sebelumnya, Koalisi masyarakat sipil yang tergabung dalam Fraksi Rakyat Indonesia juga mengecam segala bentuk teror dan intimidasi terhadap panitia diskusi mahasiswa Fakultas Hukum UGM, Yogyakarta.

Diskusi berjudul ‘Persoalan Pemecatan Presiden di Tengah Pandemi Ditinjau dari Sistem Ketatanegaraan’ yang sedianya diadakan hari ini, Jumat, 29 Mei 2020, dibatalkan setelah sebelumnya panitia diduga mengalami teror dan intimidasi.

“Bahkan Guru Besar Hukum Tata Negara Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia yang diundang menjadi narasumber pun diteror,” kata perwakilan Frasi Rakyat Indonesia, Asep Komarudin, dalam keterangan tertulisnya hari ini.

Fraksi mendesak Pemerintah dan Kepolisian untuk melindungi warga negara yang mendapatkan teror tersebut. Konstitusi menjamin hak setiap orang untuk berpendapat dan berkomunikasi, serta menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top