Headline

KPK Dalami Aliran Dana Kemenpora Kepada Mantan Jampidsus dan Anggota BPK

NasionalPos.com, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mendalami aliran uang dari asisten pribadi mantan Menpora Imam Nahrawi, Miftahul Ulum kepada anggota III BPK Achsanul Qosasi dan mantan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung Adi Toegarisman.

“Terkait keterangan terdakwa tersebut, perlu dilakukan pendalaman lebih lanjut karena keterangan tersebut adalah keterangan yang berdiri sendiri dan di luar dari materi dakwaan yang harus dibuktikan oleh Penuntut Umum,” ucap Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK Ronald Ferdinand Worotikan dalam persidangan perkara suap dan gratifikasi dana hibah yang menjerat Ulum dan Imam Nahrawi di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (4/6/2020).

Jaksa menjelaskan, uang yang diberikan kepada dua pejabat tersebut diterima Ulum melalui seseorang yang bernama Dwi Satya. Jaksa menilai pengakuan Ulum itu menambah keyakinan bahwa penerimaan uang tidak sah dari pihak lain untuk  Imam Nahrawi, telah berulang kali terjadi di Kemenpora.

Dalam persidangan sebelumnya,  terdakwa Imam Nahrawi, Ulum yang dihadirkan sebagai saksi menuturkan adanya aliran uang ke Achsanul Qosasi sekitar Rp3 miliar dan kepada Adi Toegarisman Rp7 miliar. Menurutnya uang itu untuk mengamankan kasus yang membelit Kemenpora.

Pemberian uang oleh Ulum terhadap Achsanul dan Adi di luar dari perkara yang tengah disidangkan. Dalam perkara yang disidangkan hari ini, yakni suap dan gratifikasi dana hibah, Ulum didakwa menerima suap sebesar Rp11,5 miliar. Uang itu diterima bersama-sama Imam Nahrawi. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top