Headline

Jokowi Akan Buka Semua Sektor Secara Bertahap di Tengah Pandemi Corona

NasionalPos.com, Jakarta- Presiden Joko Widodo menyatakan pembukaan seluruh aktivitas dan sector dimasa pandemo Covid-19 akan dilakukan secara bertahap. Selain itu, pembukaan aktivtaa akan diprioritaskan pada wilayah penularan rendah tapi berdampak ekonomitinggi.

“Prioritas, tidak semua langsung kita buka, sektor dan aktivitas apa yang dimulai dibuka secara bertahap, itu secara bertahap tidak langsung buka 100 persen,” kata Jokowi saat mengunjungi gedung BNPB, Jakarta, Rabu (10/6/2020).

Jokowi mengungkapkan, sejumlah daerah memang telah membuka aktivitas dan beberapa sector, tapi baru Sebagian saja. Diantaranya, tempat ibadah yang mulai kembali menggelar salat berjemaah.

Selanjutnya, akan  dievaluasi daerah yang telah membuka aktivitasnya kembali untuk memastikan kesiapan sebelum benar-benar membuka sepenuhnya. “Beberapa daerah sudah dibuka dulu 50 persen, dibuka dulu separuh, saya kira contoh-contoh beberapa daerah yang sudah melakukan akan kita evaluasi dan sangat bagus sebagai contoh persiapan pembukaan tempat ibadah dengan protokol kesehatan,” jelasnya.

Untuk pembukaan aktivitas,  akan diprioritaskan di wilayah yang tingkat penularannya rendah namun berdampak tinggi pada kondisi ekonomi. Terutama di sektor pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan, indsutri manufaktur, konstruksi, logistik, transportasi barang, hingga perminyakan pertambangan.

“Sektor ekonomi yang penularannya rendah tapi memiliki dampak ekonomi tinggi didahulukan. Ini sudah disampaikan ketua gugus tugas agar jadi catatan kita semua,” terangnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top